Suasana rapat koordinasi yang dipimpin Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto bersama Forkompimda Papua di Hotel Suni Abepura

JAYAPURA (PT) – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ditugaskan Presiden Joko Widodo untuk mengecek kesiapan PON XX Papua Tahun 2021 secara langsung dilpangan.

Oleh karena itu, Menko Airlangga bersama Forkopimda Papua dan Bupati atau Wali Kota Se-Provinsi Papua membahas kesiapan pelaksanaan PON XX di Suni Hotel & Convention Abepura, Sabtu (4/9).

Turut hadir Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI. Ignatius Yogo Triyono, MA, Pjs. Kabinda Papua/Staf Ahli Kepala BIN Bidang Idiologi Politik, Mayjen TNI. Abdul Haris Napoleon, SE, Danlanud Silas Papare, Marsma TNI. Dr. Budhi Achmadi, MSc, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa, SH serta Asisten II Bidang Perekonomian Setda Provinsi Papua, Dr. Drs. Muhammad Musaad, M.Si.

“PON XX tinggal hitungan hari dan ini menjadi alasan Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo memerintahkan saya untuk mengecek secara langsung kondisi di lapangan, setelah kunjungan ini akan saya laporkan pada hari Senin (6/9) Bapak Presiden RI bagaimana kesiapan provinsi Papua baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota yang akan melaksanakan PON XX Papua,” ungkap Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto.

Ia mengatakan, Papua sekarang menduduki posisi keempat warga yang terpapar virus Covid-19 terbanyak Se-Indonesia.

Oleh karena itu, pihaknya menitipkan kepada Forkopimda yaitu Pangdam dan Kapolda diharapkan dalam satu atau dua minggu kedepan bisa lebih gencar lagi melaksanakan kegiatan sosialisasi dan juga Gebyar Vaksinasi.

Tambahnya, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan dan Pelni sudah mempersiapkan dua Kapal Isolasi terpadu, salah satu Kapal yang masih menjadi isolasi mandiri mungkin juga bisa menjadi Kapal untuk Isoter.

“Ini selalu menjadi perhatian Bapak Presiden RI dari minggu lalu, kenapa kasus Covid-19 di provinsi Papua belum turun-turun, kalau kita lihat dari keseluruhan bahwa provinsi Maluku dan Papua kesembuhan orangnya terendah di bandingkan dengan provinsi lainny,” tuturnya.

Menurutnya, Provinsi Papua memiliki kasus aktif nya ada 32.568 yang menjadi nomor 4 di seluruh Indonesia dan penurunannya sangat rendah yaitu hanya 60%, ini yang menjadi perhatian serius Presiden RI bagi provinsi Papua khususnya 4 kabupaten/kota tempat pelaksanaan PON XX 2021. (fil/rm)

LEAVE A REPLY