Menteri Komunikasi dan Informasi, Johnny G. Plate saat berkunung di Media Center PON

JAYAPURA (PT) – Menkominfo, Johnny G Plate menyatakan kesiapan infrastruktur telekomunikasi dan informatika, untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 di Provinsi Papua sudah 100 persen alias sempurna.

Demikian disampaikan Menkominfo, usai pertemuan bersama Forkopimda Papua, Dirut PT. Telkom dan Dirut PT. Telkomsel terkait persiapan dukungan infrastruktur telekomunikasi pada kegiatan PON XX dan Peparnas XVI tahun 2021 di Provinsi Papua di Aula Sasana Krida, Kantor Gubernur Papua, Jayapura, Kamis (23/9).

“Kunjungan hari ini adalah dalam rangka memastikan kesiapan pelayanan infrastruktur telekomunikasi dan informatika, untuk mendukung penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI di Provinsi Papua,” ujarnya.

Menkominfo mengatakan kesiapan infrastruktur telekomunikasi dan informatika, untuk mendukung penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI tahun 2021 di Provinsi Papua sudah sempurna atau 100 persen, dengan back-up yang tinggi dapat dipastikan bahwa transmisi data, suara dan gambar dapat dilakukan dengan baik untuk seluruh akfivitas PON XX dan Peparnas XVI.

“Apabila terjadi masalah pun masih terjaga dengan baik,” tuturnya.

Namun demikian, ia memastikan layanan pemberitaan dan layanan kegiatan aktivitas masyarakat, maka infrastruktur back up juga sudah disiapkan, termasuk infrastruktur back up pemanfaatan jaringan kabel optik internasional yakni jalur Jayapura-Madang-Port Moresby-Guam, Manado dan sampai ke wilayah Indonesia lainnya dan jalur Jayapura-Madang-Port Moresby-Sydney-Batam, untuk mengcover kebutuhan transmisi dalam rangka penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI dan aktivitas pemerintah dan masyarakat.

Yang kedua adalah pemanfaatan seluruh jaringan dan kapasitas terpasang yang tersedia dari Kementerian Kominfo yang seluruhnya siap memberikan dukungan bagi penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI.

Selanjutnya Kominfo juga menyiapkan melalui Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, agar komunikasi publik PON XX dan Pepernas XVI dapat dilakukan dengan baik.

“Dengan harapan seperti yang disampaikan Bapak Presden bahwa sukses PON ini tak saja menjadi sukses penyelenggaraan PON, tapi juga sukses prestasi PON. Sukses prestasi PON pasti ditandai dengan memenuhinya syarat-syarat dari moto Olimpiade adalah citius, altius, fortius atau lebih cepat, lebih tinggi dan lebih kuat,” tukasnya.

Namun juga memberikan kegembiraan kepada masyarakat Indonesia melalui keikutsertaan dan partisipasi masyarakat Indonesia. Untuk itulah, pentingnya Media Center dan rekan-rekan awak media sekalian untuk menyampaikan dan mentransmisikan berita-berita terkait PON, yang mengembirakan masyarakat dan mengajak masyarakat, untuk mendukung dan bangga atas prestasi PON XX dan Peparnas XVI.

“Kita juga berharap bahwa PON XX da Peparnas XVI di Papua ini mampu menjadi etalase yang baik. Etalase Papua dan etalase Indonesia untuk masyarakat dunia,” ucapnya.

Usai pertemuan Menkominfo mengunjungi Media Center PON XX/2021 Papua. (fil/rm)

LEAVE A REPLY