Yunus Wonda

JAYAPURA (PT) – Pemerintah Pusat akhirnya mencairkan anggaran PON XX Papua 2021 dan Peparnas 2021 untuk sektor konsumsi tahap pertama yang sempat tertunda dalam beberapa bulan terakhir ini.

Ketua Harian PB PON XX Papua 2021, Yunus Wonda mengatakan,  anggaran tahap pertama sebesar Rp 700 miliar lebih sudah cair.

“Anggaran PON yang diusulkan sebesar Rp 1.4 triliun dari pusat tahap pertama Rp 700 miliar lebih sudah cair. Saya kemarin sudah tandatangan dokumen adminiatrasinya di Jakarta,”  kata Yunus Wonda kepada wartawan di sela-sela kunjungan Menkopolhukam di Stadion Lukas Enemen, Kamis, (30/9).

Yunus mengatakan, anggaran sisa PON dalam waktu dekat ini bisa cair setelah PB Peparnas melengkapi beberapa dokumen lainnya.

Diakuinya, faktor administrasi proses pencairan anggaran konsumsi menjadi penyebabnya.

Pasalnya, anggaran PON menggunakan pos APBN, sehigga persyaratannya banyak termasuk mulai proposal PB PON Papua di Kemenpora, BPKP Pusat baru ke Menteri Keuangan.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu,” ucapnya.

Yunus juga memastikan konsumsi untuk semua peserta PON akan terpenuhi, setelah PT Pangansari Utama selaku penyedia konsumsi PON XX selesai membangun dapur umum di  Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayapura.

“Saya sudah pantau tempat konsumsi yang dibangun oleh PT Pangan Sari, sudah selesai dan siap di operasionalkan,” tuturnya.

Sementara Penanggung Jawab Operasional Catering PON Pangansari, Erwin Sudarmin, mengatakan, di Kabupaten Jayapura konsumsi didistribusikan sejak 18 September lalu.

Kemudian di Kabupaten Mimika pendistribusian konsumsi PON dimulai 16 September 2021.

Selama perhelatan PON, Pangansari mendistribusikan konsumsi untuk 193 ribu peserta di Kabupaten Jayapura dan 135 ribu peserta di Kabupaten Mimika, terdiri dari atlet dan official, perangkat teknis, panitia pelaksana serta para relawan PON di Kabupaten Jayapura.

Konsumsi didistribusikan di 14 venue untuk atlet yang berlaga di 22 cabang olahraga di Kabupaten Jayapura.

Diantaranya untuk pemain sepak bola putra, atlet pencak silat, loncat indah dan cabang olahraga lainnya.

“Di Kabupaten Mimika, Pangansari mendistrubusikan konsumsi atlet dan pemain di semua cabang olahraga yang dipertandingkan,” papar Erwin.

Di Mimika 12 cabang olahraga yang dipertandingkan, seperti bola basket, atletik, judo, tarung drajat, panjat tebing dan sejumlah cabang olahraga lainnya.

Menurut Erwin, konsumsi yang disajikan mengikuti standarisasi yang telah ditetapkan PB-PON XX Papua, mulai dari jumlah protein, gizi dan semua yang dibutuhkan untuk menjaga kebugaran.

Semua konsumsi yang didistribusikan diperiksa secara ketat oleh koki berpengalaman, yang khusus diterjunkan Pangansari pada PON Papua.

“Pangansari selalu menjaga agar konsumsi yang didistruibusikan tetap segar dan sehat untuk dikonsumsi,” jelas Erwin. (lam/rm)

LEAVE A REPLY