Presiden Jokowi saat menandatangani batu prasasti Istora Papua Bangkit (Dok. Biro Pers Istana)

JAYAPURA (PT) – Presiden RI, Ir. Joko Widodo meresmikan Istora Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10).

Presiden juga meresmikan secara simbolik tujuh gedung olahraga lainnya yang dibangun menggunakan APBN.

Presiden datang bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua DPR Puan Maharani, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Tak hanya itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe, Forkopimda Papua, Bupati, Wali Kota, Kepala SKPD Provinsi Papua dan Kabupaten/Kota yang hadir secara fisik maupun virtual.

Presiden Jokowi mengatakan pihaknya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengorganisasian dan pelaksanaan dan nanti malam Insyah Allah pembukaan PON XX tahun 2021 di Papua.

“Sampai hari ini laporan yang saya terima pelaksanaan yang sudah ada patut kita syukuri berjalan dengan baik. Ya ada kecil-kecil biasa di semua daerah pasti ada masalah kecil-kecil, tapi secara umum pelaksanaannya berjalan dengan baik,” ujarnya.

“Tadi pagi juga saya datang dengan Ketua DPR dan para menteri melihat dan meresmikan venue-venue yang ada. Saya kaget betul semuanya standar internasional. Istora yang ada sekarang ini dibandingkan yang ada di Jakarta jauh lebih bagus yang ada di Papua. Dan venue venue yang lainnya,” tuturnya.

Namun demikian, tukas Jokowi, dibutuhkan manajemen pemeliharaan pasca PON XX

“Tapi saya titip hati-hati manajemen pemeliharaan pasca PON XX. Yang saya lihat di provinsi-provinsi yang lain habis PON itu langsung. Ini yang harus dipikirkan, harus dibicarakan sebelum PONnya berakhir. Saya nggak usah sebutkan di provinsi yang mana. Venuenya nggak pernah dipelihara, karena memang nggak pernah dipakai,” terangnya.

Jokowi menitipkan nanti anggaran yang sudah dihabiskan triliunan itu betul-betul ada manfaatnya, karena memang disini di Tanah Papua ini atlet-atlet berprestasi itu banyak muncul. (fil/rm)

LEAVE A REPLY