Presiden Joko Widodo saat membuka POB XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10)

JAYAPURA (PT) – Presiden RI, Ir. Joko Widodo resmi membuka Pekan Olahraga Nasional XX 2021 Papua di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10) malam.

Jokowi mengaku bangga untuk pertama kalinya PON diselenggarakan di Papua, sebab PON XX Papua merupakan gambaran dari kemajuan Papua dalam hal kesiapan infrastruktur dan masyarakat dalam menggelar PON.

“Dengan mengucap bismillahirrahmahnirrahim, dengan nama Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pekan Olahraga Nasional ke-20 Papua secara resmi dibuka,” ungkap Presiden saat membuka PON XX Papua 2021.

“Perasaan saya dan saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua. Kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga bisa membuka PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua,” kata Jokowi,” ujar Jokowi disambut tepuk tangan meriah penonton yang hadir di stadion megah ini.

Jokowi mengatakan, PON XX 2021 Papua memiliki makna besar bagi masyarakat Indonesia, sebab, ivent olahraga empat tahunan ini bisa menjadi panggung bagi persatuan dan persaudaraan serta kesetaraan dan keadilan masyarakat Indonesia.

“Stadion yang megah bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua, melainkan juga konektivitas laut, darat, dan udara serta bandara dan pelabuhan. Begitu juga dengan pengembangan sumber daya manusia Papua yang merupakan pencapaian dari kemajuan lainnya dari Papua,” tutur Jokowi.

Perhelatan PON XX 2021 Papua, Panpel menyiapkan sebanyak 40.000 kursi bagi para penonton atau 25 persen dari kapasitas total Stadion Lukas Enembe.

PON XX 2021 Papua berlangsung pada 2-15 Oktober mendatang, diikuti 34 kontingen dari 34 KONI Provinsi dengan jumlah atlet sebanyak 6.116 orang dari 37 cabor yang dilombakan.

Pada edisi kali ini, terdapat total 2.239 medali yang diperebutkan dari 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan.

Rinciannya, 681 medali emas, 681 medali perak, dan 877 medali perunggu. (fil/rm)

LEAVE A REPLY