Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH saat melantik DR. M. Ridwan Rumasukun, SE, MM sebagai Sekda Papua definitif di Gedung Negara, Dok V, Kamis (14/10).

JAYAPURA (PT) – Gonjang ganjing persoalan status Sekda Papua akhirnya terjawab sudah setelah Presiden RI, Ir. Joko Widodo mengeluarkan Surat Nomor 148/TPA Tahun 2021 tentang pemberhentian Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Pemprov Papua yaitu Dance Yulian Flassy, SE, M.Si.

Kemudian Presiden juga menerbitkan Surat Nomor 149/TPA Tahun 2021 yang mengangkat DR. M. Ridwan Rumasukun, SE, MM sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Papua.

Menindaklanjuti surat Presiden tersebut kemudian Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH melantik DR. M. Ridwan Rumasukun sebagai Sekda Papua, Kamis (14/10) malam di Gedung Negara.

Juru Bicara Gubernur Papua, M. Rifai Darus, melalui siaran pers mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas kebijaksanaannya dalam menerbitkan beleid pengangkatan Sekda di Provinsi Papua.

Gubernur menambahkan bahwa komunikasi dengan Presiden terjalin sangat baik dan saling membangun satu sama lain.

“Gubernur Lukas Enembe berharap dengan kehadiran Ridwan Rumasukun sebagai Sekda Papua, dapat menambah akselerasi roda pemerintahan Provinsi Papua berjalan semakin cepat dan akurat,” kata Jubir Rifai.

Gubernur juga mengatakan bahwa, mutual trust (tingkat saling percaya) antara Gubernur dan Sekda sangat penting untuk dijaga demi berlangsungnya pemerintahan yang harmonis dan solid.

Gubernur Lukas Enembe juga berterimakasih kepada Dance Yulian Flassy, SE, MSi yang telah memberikan sumbangsihnya kepada Provinsi Papua selama menjabat sebagai Sekda.

Gubernur Lukas Enembe berpesan kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintahan Provinsi Papua dapat saling mendukung dan menguatkan demi terselenggaranya good governance.

Gubernur Lukas Enembe juga meminta maaf kepada seluruh masyarakat Papua yang dalam beberapa tahun terakhir melihat dinamika pemerintahan provinsi Papua.

Gubernur menegaskan bahwa dengan telah dilantiknya Sekda yang baru akan memberikan semangat yang tinggi untuk menuntaskan masa kepemimpinan Lukas Enembe dengan baik dan kondusif.

Proses pelantikan Sekda yang diselenggarakan bertujuan agar seluruh persiapan penutupan PON XX Papua 2021 yang diselenggarakan pada Jumat (15/10/2021) tidak terganggu.

Selain itu, Gubernur Papua menginginkan agar Sekda Papua Ridwan Rumasukun dapat turut menyambut serta mendampingi Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang dijadwalkan tiba di Kota Jayapura Jumat (15/10) siang. (fil/rm)

LEAVE A REPLY