Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi, SH, M.Hum didampingi Ketua KAP Papua, Musa Haluk menyerahkan bantuan meja jualan kepada mama-mama asli Papua di gedung Ukumearek, Wamena, Senin (18/10).

WAMENA (PT) – Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Jayawijaya akhirnya menepati janjinya untuk menyerahkan bantuan meja jualan dan modal awal bagi 25 orang mama-mama penjual pinang di Jayawijaya.

Bantuan awal ini langsung diserahkan oleh Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi, SH, M.Hum kepada perwakilan mama-mama Papua di Gedung Ukumearek, Wamena, Jayawijaya, Senin (18/10).

Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi, SH, M.Hum melalui sambutan Bupati Jayawijaya mengapresiasi KAPP Jayawijaya yang telah memperhatikan mama-mama penjual pinang di Jayawijaya.

“Hal ini merupakan bentuk dukungan KAPP kepada pemerintah Jayawijaya khususnya dalam bidang usaha kecil dan koperasi,” ucap Wakil Bupati Jayawijaya.

Menurutnya, KAPP merupakan salah satu wadah advokasi untuk memproteksi sumber ekonomi daerah bebrbasis kearifan lokal .

“Sebagai mitra, kehadiran KAPP di daerah turut mendukung penyelenggaraan program pemerintah guna mewujudkan pembangunan daerah sesuai kearifan lokal,” tutur Jogobi.

Oleh karena itu, harap Marthin, selain kegiatan penyerahan bantuan meja dan modal, KAPP Jayawijaya juga dapat menyelenggarakan pelatihan bagi pengusaha asli Papua.

“Seperti pelatihan menjadi pengusaha yang kreatif dan inovatif, cara pengelolaan keuangan dan pelatihan lainnya yang dapat dikembangkan sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian pengusaha itu sendiri,” pesan Jogobi.

Sementara itu, Ketua KAPP Papua, Musa Haluk mengungkapkan, bantuan berupa meja jualan dan modal awal kepada mama-mama Papua ini akan diserahkan secara bertahap.

“Launching awal ini kami serahkan kepada 25 orang mama-mama penjual asli Papua, terbagi 22 meja jualan menggunakan atap dan tanpa atap, sedangkan tiga lainnya diperuntukan untuk penyandang disabilitas. Untuk tiga penjual ini kami akan lakukan perehapan tempat jual mereka,” katanya.

Selain meja jualan, KAPP Jayawijaya menyerahkan modal usaha sebesar Rp 1 juta bagi setiap mama-mama penjual pinang.

KAPP berharap melalui modal awal dan bantuan meja itu dapat memotivasi mama-mama menjalankan usahanya dengan baik.

“Kami KAPP melalui bidang yang ada akan terus mendampingi dengan cara memantau perkembangan setiap mama yang telah menerima manfaat ini, baik dari sisi pendapatan dan permasalahan mereka di lapangan,” pungkasnya. (roh/rm)

LEAVE A REPLY