Suasana pertemuan BPK RI dan Pemerintah Provinsi Papua di Aula Kominfo, Senin (31/1).

JAYAPURA (PT) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menggelar entry meeting dengan Pemerintah Provinsi Papua di Aula Dinas Kominfo Papua, Senin (31/1).

Entry meeting ini merupakan tahapan pemeriksaan berupa komunikasi awal antara tim pemeriksa dengan entitas yang diperiksa serta mewujudkan kesamaan persepsi terhadap pelaksanaan pemeriksaan.

Asisten Bidang Kesra Setda Provinsi Papua, DR. Muhammad Musaad mengatakan, pemeriksaan yang akan dilakukan BPK setelah entry meeting ini terdiri atas pemeriksaan keuangan dan pemeriksaan kinerja.

“Jadi BPK akan ada di Papua selama sebulan kedepan. Mereka ada dua tim yakni tim untuk pemeriksa LKPD dan tim pemeriksa kinerja,” jelas Musaad.

Ia menambahkan, dalam pemeriksaan kali ini, BPK akan fokus melakukan pemeriksaan kinerja Pemprov Papua dalam penanggulangan kemiskinan.

“Biasanya nanti di bulan Maret baru pemeriksaan penuh. Pertemuan ini untuk kita mempersiapkan diri jelang pemeriksaan itu,” beber Musa’ad.

Lanjut Musa’ad, pemeriksaan dari BPK ini juga untuk memastikan prestasi opini WTP yang telah diraih Pemprov Papua sebanyak tujuh kali itu berbanding lurus dengan kinerjanya.

“WTP ini harus berbanding lurus dengan kinerja, oleh karena itu, BPK melakukan pemeriksaan dengan fokus tertentu sejak beberapa tahun terakhir. Tahun lalu tentang infrastrutkur, tahun ini tentang kemiskinan, sebelumnya juga ada tentang program Gerbangmas,” terangnya.

Musa’ad menerangkan, BPK melakukan pemeriksaan kinerja menyangkut program penanggulangan kemiskinan karena ada target dari Presiden bahwa angka kemiskinan ekstrim 0 persen pada 2023 mendatang.

“Kita di Papua ada lima kabupaten yang menjadi fokus, yakni Jayawijaya, Mamberamo Tengah, Lanny Jaya, Puncak Jaya dan Deyai. Ini akan menjadi fokus penurunan kemiskinan karena disebut kemiskinan ekstrim,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, pertemuan tersebut dihadiri Sekda Papua, DR. M. Ridwan Rumasukun, Kepala Inspektorat, Anggiat Situmorang dan sejumlah pimpinan OPD terkait. (ist/nald)

LEAVE A REPLY