Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray bersama pihak adat, perintah dan gereja sedang menanam pohon di Kampung Yakonde, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura belum lama ini.

SENTANI (PT) – Dalam rangkah rehabilitasi hutan dan lahan serta menindaklanjuti hasil Musrenbang kampung, Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Papua bersama semua komponen masyarakat menanam pohon pada lahan kritis di Kampung Yakonde, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Selasa (8/2).

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray usai penanaman kepada wartawan mengatakan, pihaknya bisa hadir di Kampung Yakonde, Distrik Waibu ini adalah untuk memberi dukungan terhadap kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan dalam hal ini penanaman pohon di lingkungan kampung.

Dikatakan, kegiatan penanaman pohon dalam rangkah rehabilitasi hutan dan lahan yang dilakukan tersebut adalah sejalan dengan hasil Musrembang Kampung Yakonde, tetapi juga sejalan dengan program jangkah panjang dari panitia 100 tahun inijil masuk di Yakonde yang telah ditetapkan untuk di kerjakan sebelum tahun 2026.

Menurutnya, apa yang yang di programkan secara kampung dan jemaat adalah sejalan dengan program pemerintah. Dishut Papua telah datang dan bersama-sama dengan pihak adat, pemeritah kampung, pihak gereja telah melakukan penanaman pohon.

“Ini program yang sangat baik karena pohon yang kita tanam ini selain untuk menyiapkan oksigen tetapi juga untuk mencegah banjir dan tanah longsor tetapi juga pohon yang kita tanam ini sebagian pohon buah-buah yang tentunya akan memberi dampak ekonomi terhadap masyarakat,” ujarnya.

Kadishut mengungkapkan, Ondopolo bersama kepala suku (Kosero), pemerintah kampung, lembaga agama dan komponen masyarakat lainnya menyatakan bahwa kawasan kampung yang sebagian lahannya penuh dengan alang-alang perlu untuk ditanami.

“Untuk itu, kami pemerintah Provinsi Papua sangat mendukung sekali sehingga kedepan program seperti ini terus dikembangkan di kampung ini. Kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi keada pihak adat, pemerintah Kampung Yakonde dan gereja yang mana pada hari ini dapat menyediakan lokasi mereka untuk kegiatan penghijauan,” akuinya.

Ditempat yang sama, Kepala Kampung Yakonde, Yakub Daimoi menyatakan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Kehutanan Provinsi Papua yang mana berkenaan hadir membantu bibit pohon, sekaligus menanam secara simbolis sejumlah pohon di lokasi yang telah di sediakan.

Dirinya berharap agar jalinan kerjasama ini terus berlanjut, sebab, secara kampung ada sejumlah program yang telah digariskan sebagai program kerja yang akan mendukung tentang telah ditetapkannya Kampung Yakonde sebagai kampung hijau.

“Kedepan, bersama dengan semua komponen kampung kami terus akan dorong upaya rehabilitasi hutan dan lahan. Lahan kritis, lahan yang hanya ditumbuhi alang-alang dan lahan sejenisnya kami rencana akan hijaukan. Untuk itu, kami sangat mengharapkan agar kerjasama ini kedepan terus ditingkatkan dan pertahankan,” harapnya. (yan/nald)

LEAVE A REPLY