Tim Hukum dan Advokasi Gubernur Papua

JAYAPURA (PT) — Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengambil langkah tegas guna mengantisipasi maraknya berita-berita miring alias “HOAX” yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab yang haus akan kekuasaan.

Langkah tegas yang diambil Gubernur Lukas Enembe itu dengan membentuk tim hukum dalam rangka melakukan advokasi hukum dan kebijakan Pemerintah Provinsi Papua, yang berkaitan dengan UU Nomor 2 /2021 Tentang Perubahan Kedua UU Nomor 21/2021 Tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua.

Tim hukum tersebut diketua Saor Siagian dan dua anggota yaitu Stefanus Roy Rening dan Usman Hamid. Tim ini akan merekrut badan pekerja yang diambil dari para ahli dan orang-orang yang berintegritas.

“Ketiganya merupakan para advokat yang sudah berpengalaman di bidang hukum, penghormatan HAM dan demokrasi, termasuk reformasi institusi keamanan di tingkat nasional. Jadi Bapak Gubernur mempercayakan penanganan urusan tersebut kepada mereka. Apalagi PBB pun menanyakan kasus pengungsian dan kekerasan di Tanah Papua,” kata Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus dalam rilisnya, Jumat (25/2).

“Kami diberi kuasa, untuk melakukan pendampingan hukum, pemberian keterangan dan atau klarifikasi pada setiap instansi yang terkait dengan masalah hukum maupun politik hukum di Tanah Papua, terutama dalam kerangka kebijakan Otonomi Khusus dan perlindungan hak-hak OAP. Tidak tertutup kemungkinan kami juga menempuh langkah advokasi hukum litigasi dan non-litigasi,” jelas Roy Rening yang juga pengajar hukum, setelah menjadi doktor dari Universitas Padjajaran Bandung.

“Dan kami juga prihatin adanya tekanan maupun ancaman kriminalisasi dari pejabat tertentu terhadap Pak Lukas. Kami akan mendorong adanya perlindungan hukum dan jaminan keamanan. Ini negara hukum dan demokrasi, tak boleh ada penyalahgunaan kekuasaan institusi apa pun,” tambah Saor Siagian yang dipercaya sebagai ketua tim.

Saor Siagian merupakan salah satu pengacara yang mewakili Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua dalam uji materi UU Revisi Kedua Otsus di Mahkamah Konstitusi.

“Gubernur pernah membentuk Tim Kemanusiaan kasus kekerasan terhadap tokoh agama di Intan Jaya, khususnya pembunuhan Pdt. Yeremia Zanambani. Dan di tahun 2019 mengusulkan Perdasus perihal penyelesaian kasus pelanggaran HAM di Papua. Kami akan mendorong tindaklanjut kebijakan itu, agar korban melihat keadilan. Juga demi menjaga reformasi institusi, baik TNI, Polri maupun BIN yang berperan di Tanah Papua serta agar ada jaminan ketidakberulangan,” tutup Usman Hamid. (fil/nald)

LEAVE A REPLY