JAYAPURA (PT) — Pemerintah Provinsi Papua menjamin ketersediaan bahan pokok (bapok) selama bulan Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H, khususnya di wilayah Provinsi Papua dan kota-kota lain.

Asisten Bidang Pembangunan dan Kesra Sekda Provinsi Papua, Dr. Drs. Muhammad Musa’ad, M.Si menjelaskan, walaupun ada beberapa bapok mengalami kenaikan harga, tapi masih dianggap layak, untuk dijangkau masyarakat.

“Kami semua bertugas menjaga kestabilan stok dan juga kestabilan harga,” ungkap Musa’ad ketika bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Papua, menggelar jumpa pers di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Jayapura, Selasa (12/4).

Sementara itu, Bahan Bakar Minyak (BBM), terutama solar yang pada beberapa waktu lalu mengalami kelangkaan, tapi Pertamina menjamin ketersediaan hingga selesai Idul Fitri.

Oleh karena itu, terang Musa’ad, pihaknya minta kepada semua masyarakat menggunakan haknya, untuk berbelanja secara wajar dan tak usah ada panic by, sebab semua aman, terkendali dan tersedia.

“Kita harapkan juga inflasi. Kita juga tetap terkendali, sehingga kita tetap menjadi yang terbaik di wilayah Sulampua,” katanya.

Musa’ad menghimbau kepada masyarakat, untuk mengggunakan transaksi non tunai, apalagi di saat pandemi Covid-19.

“Jadi kita kurangi bersentuhan antara sesama kita dan mudah-mudahan dengan fasilitas yang ada ini hampir disemua tempat dari Bank Indonesia dan perbankan sudah siapkan fasilitas non tunai,” tukasnya.

Musa’ad juga menghimbau kepada masyarakat nanti sewaktu-waktu kita akan melakukan sidak ke pasar dan gudang penyimpanan, untuk memastikan semua kebutuhan aman.

Turut hadir Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua, Ir. Omah Laduani Ladamay, M.Si, Kepala Bidang Pangan Dinas Ketahanan Pangan Papua Luna V Daimboa, Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya, Manajer Operasional Pelayanan Publik Bulog Papua dan Papua Barat Muhammad Yusri Muin, Sekretaris Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Provinsi Papua Haris Manuputy. (fil/nald)

LEAVE A REPLY