JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH bersama Sekda Papua, DR. M. Ridwan Rumasukun meninjau proses pembangunan Kantor Gubernur Papua yang terletak di Dok II Jayapura dan Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) tepat disamping Mapolda Papua, Selasa (7/6).

Gubernur Lukas Enembe juga didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra, DR. Musa’ad, Asisten Bidang Umum, Derek Hegemur dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Papua.

Gubernur Enembe menyatakan, Kantor Gubernur Papua yang sementara direnovasi akan menjadi sebuah bangunan yang monumental. Bahkan, keberadaan gedung ini juga akan membuat Kota Jayapura sebagai kota termodern di kawasan Pasifik.

Gubernur mengakui, keputusan merenovasi Kantor Gubernur Papua ini didasari keinginan dirinya untuk membuat perubahan besar di Papua pada periode kedua kepemimpinannya.

“Gubernur selanjutnya harus siap dan memiliki visi yang bagus untuk membangun Papua. Tunjukkan bahwa kita ini pintu masuk kawasan pasifik termodern,” tegas Enembe.

Ia menyatakan, selain Kantor Gubernur Papua, ada pula tiga gedung kantor yang tengah dibangun yakni Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP), Kantor Komisi Pemilhan Umum (KPU) Papua dan Kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) Papua.

“Saya akan meresmikan empat gedung ini pada 27 Desember 2022 nanti, sebelum saya mengakhiri jabatan Gubernur Papua di 2023 mendatang,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua, Girius One Yoman menyebutkan, progres pembangunan Kantor Gubernur Papua saat ini sudah mencapai 45 persen lebih, sedangkan Kantor MRP sudah 30 persen.

“Khusus Kantor Gubernur Papua itu memang ada beberapa item pekerjaan. Kalau struktur saja itu sudah 80 persen, tersisa dua lantai lagi. Tapi kalau secara umum baru 45 persen,” bebernya.

Ia menambahkan, pembangunan empat gedung tersebut ditargekan selesai di Desember 2022 dan diresmikan pada 27 Desember bersamaan dengan HUT Pemprov Papua.

“Puji Tuhan selama proses pembangunan ini tidak ada kendala apapun. Kami mohon dukungan doa semua pihak dan masyarakat agar pembangunan bisa selesai sesuai target,” pungkasnya. (nald)

LEAVE A REPLY