JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH diusulkan oleh Universitas Cenderawasih untuk mendapatkan penghargaan berupa gelar Doktor Honoris Causa.

Pengusulan gelar Doktor Honoris Causa ini didasari karena prestasi yang berhasil ditorehkan Gubernur Lukas Enembe selama terjun di dunia politik bahkan pemerintahan di Papua mulai dari Wakil Bupati Puncak Jaya, Bupati Puncak.Jaya hingga Gubernur Papua.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Diretkur Program Pasca Sarjana Uncen, Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS disela-sela kegiatan ramah tamah Gubernur Papua, Lukas Enembe dengan Rektor Universitas Cendrawasih dan jajarannya di Halaman Parkir Pimpinan Rektorat Uncen, Senin (13/6).

Akbar Silo mengakui secara pribadi sudah mengamati Lukas Enembe sejak 2007 hingga saat ini. Uniknya Lukas Enembe, lanjut Akbar Silo, sejak memimpin Puncak Jaya hingga Papua ada banyak prestasi yang bisa ditelaah secara akademik maupun jasa sosial kemasyarakatan dan pembangunan.

“Contoh terakhir hadirnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, belum lagi prestasi lainnya seperti di bidang sosial kemasyarakatan yang membuat kami terobsesi memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada Gubernur Papua,” ungkapnya.

Ia menyatakan tak serta merta mengusulkan begitu saja, tapi harus ada referensi dari masyarakat, seperti tokoh gereja, pendidikan, adat dan lainnya.

“Kami akan minta biodata lengkap Gubernur Enembe beserta catatan prestasi beliau, serta meminta pandangan dari para tokoh,” tambahnya.

Diakuinya, mengungkapkan bahwa hal ini baru rencana pengusulan dan jika prosesnya lancar serta memenuhi persyaratan, maka pihaknya akan menlanjutkan hingga Gubernur Lukas Enembe bisa menyampaikan orasi ilmiah secara akademik.

“Langkah pertama kami lakukan adalah berkoordinasi secara kelembagaan mulai dari program doktornya dan koordinasi dengan FISIP Uncen agar mereka bersepakat untuk diusulkan melalui Rektor lalu dipertimbangkan oleh Senat. Apabila disetujui akan diteruskan ke menteri,” pungkasnya. (nald)

LEAVE A REPLY