JAYAPURA (PT) – Sukses melaksanakan Musyawarah Olahraga Provinsi (Musroprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua selama dua hari di Aula Lukmen I Sasana Krida Kantor Gubernur Papua yakni 13-14 Juni 2022, akhirnya Kenius Kogoya terpilih menjadi Ketua Umum KONI Provinsi periode tahun 2022-2026.

Kenius Kogoya dipilih secara aklamasi oleh KONI Kabupaten/Kota Se-Papua dan Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga (Cabor) yang merupakan pemilik hak suara.

Kenius Kogoya dalam visinya dihadapan peserta Musorprov menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus KONI kabupatan/kota dan Pengprov Cabor yang telah memberikan kepercayaan memimpin KONI Papua selama 4 tahun kedepan.

Secara khusus, Kenius menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH yang juga Ketua Umum KONI Papua periode 2017-2021 atas perhatian dan dukungnya dalam pembinaan olahraga di Papua.

“Pondasi dasar pembinaan olahraga yang telah diletakkan akan kita lanjutkan untuk meningkatkan prestasi dimasa depan. Terima kasih atas dukungan kepada kami,” ungkap Keni sapaan akrabnya.

Dia menegaskan, pembinaan olahraga prestasi di Papua sangat berat, oleh karena itu diperlukan sinergi antara KONI, Pengprov Cabor dan pemerintah.

‘Mengurus olahraga membutuhkan pemikiran yang konstruktif untuk pembinaan prestasi di Papua. Oleh karena itu, tanggung jawab sangat berat. Saya membutuhkan dukungan dari bapak/ibu untuk sama kita membangun olahraga dan memasyaratkan olahraga di Provinsi Papua,” imbuhnya.

KONI Papua, lanjut Kenius, akan mengusulkan Peraturan Daerah Keolahragaan atau pembinaan prestasi olahraga. “Dengan Perda ini, maka seluruh pembinaan olahraga di kabupaten/kota dan provinsi bisa dibiayai dengan anggaran yang memadai. Sehingga siapapun pemimpin di daerah wajib memperhatikan pembinaan olahraga sebagai sektor prioritas dalam pembinaan generasi muda Papua,” ucapnya.

Sekedar diketahui, Kenius Kogoya dinyatakan lolos dengan mengantongi dukungan dari 15 KONI Kabupaten diantaranya KONI Kabupaten Asmat, Merauke, Tolikara, Nabire, Puncak Jaya, Paniai, Keerom,Deiyai, Intan Jaya, Mimika, Sarmi, Mappi, Pegunungan Bintang Yahukimo dan Kabupaten Jayapura.

Sedangkan 25 Pengprov yakni Pengprov FOPI, PELTI, FASI, POSSI, PERTINA, IPSI, MUAYTHAI, PERCASI, PERSAMBI, ISSI, POBSI, PABBSI, PERSI, PERKEMI, PORLASI, SIWO PWI, KODRAT, PBVI, RUGBY, TGI, PDB, PERSEROSI, PODSI dan PCI.,(nald)

LEAVE A REPLY