SENTANI (PT) – Dalam rangka mempererat kerukunan budaya, Pemerintah Provinsi Papua mengadakan pentas seni yang menampilkan tiga puluh Sanggar Seni di Pantai Khalkhote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Ketua Panitia Penggelaran Budaya Nusantara Tahun 2022, Syganirta mengatakan, penggelaran Budaya Nusantara merupakan program kerja dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Papua yang dilaksanakan setiap tahun.

“Untuk pagelaran budaya nusantara tahun ini , kami mengambil Tema ” Harmoni Budaya Mempersatukan Bangsa, yang mana maksud dan tujuan di adakan pergelaran ini Memberikan ruang dan waktu pada pelaku seni untuk bisa mengekspresikan karya seni pada komunitas mereka masing-masing,” ucap Syganirta disela-sela kegiatan tersebut. Kamis (28/7).

Katanya, kegiatan ini juga sebagai bentuk pelestarian terhadap nilai-nilai budaya yang terkandung pada seni tari , music tradisional dan nyanyian Serta menumbuhkan rasa perekat bangsa dari untaian aneka ragam seni.

“Tarian Seni mempersatukan berbagai perbedaan yang dapat dipersatukan dalam satu gerakan yang sama dengan iraman yang sama,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jumlah peserta kegiatan penggelaran budaya sebanyak 30 sanggar yang berasal dari berbaga suku daerah yang ada di Kota Jayapura , Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom .

“Pelaksanaan kegiatan penggelaran ini akan kami laksanakan selama 3 hari, yakni mulai hari kamis tanggal 28 sampai 30 Juli 2022,” pungkasnya. (tinus)

LEAVE A REPLY