MERAUKE (PT) – Dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 77 Tahun di Tanah Papua, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian bakal melaunching gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di Monumen Kapsul Waktu, Merauke, Jumat (12/8).

Sekedar diketahui, gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan untuk meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat Indonesia.

“Gerakan ini merupakan himbauan Kemendagri Republik Indonesia,” kata Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Dirjen Polpum Kemendagri, Drajat Wisnu Setyawan kepada wartawan usai menggelar Rapat Koordinasi dengan Pemprov Papua dan Pemkab Merauke di Kantor Bupati Merauke, Rabu (10/8).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Merauke, Ruslan Ramli mengatakan, masyarakat Merauke siap mensukseskan kegiatan gerakan pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. Menurutnya, seluruh etnis nusantara di Tanah Anim Ha akan dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

“Kami berharap melalui kegiatan tersebut akan semakin menggelorakan semangat kemerdekaan,” ujarnya.

Sementara, Gubernur Papua yang diwakilkan Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa, SH, MH mengaku bahwa pembagian bendera ini menunjukan bahwa Papua adalah bangsa Indonesia, Papua untuk NKRI. Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk mengibarkan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2022

Disamping itu, kata dia pencanangan tersebut menunjukan adanya perubahan pemikiran dan konsep seluruh elemen masyarakat untuk membangun Papua dalam bingkai NKRI.

“Dengan demikian seluruh masyarakat di Papua dapat bersatu padu membangun daerahnya, baik itu di wilayah selatan, pegunungan dan secara umum di Papua. Kita tunjukan SDM kita mampu bersaing dengan provinsi lain,” tambahnya.

Ia juga mengakui berbagai persiapan jelang pencanangan pembagian 10 juta bendera merah putih kian matang. Ditambahkan, kegiatan pencanangan pembagian 10 juta bendera merah putih sendiri akan dipusatkan di halaman Kantor Bupati Merauke.

“Kantor Bupati ini adalah marwahnya pemerintah daerah. Jadi kegiatan ini dipusatkan di situ. Supaya semua masyarakat menyaksikan dan setelah itu semua masyarakat wajib kasih naik bendera merah putih, dikibarkan dimana-mana,” tandasnya. (nald)

LEAVE A REPLY