JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini Gubernur Lukas Enembe berterima kasih kepada Pemerintah Selandia Baru atas perhatian dan bantuannya terhadap seluruh mahasiswa Papua yang sedang menempuh pendidikan disana.

Bahkan Gubernur Enembe menyatakan bahwa Selandia Baru adalah salah satu negara yang memiliki kepedulian besar terhadap pendidikan di Papua selama ini.

“Berdasarkan data dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua disebutkan hingga bulan Mei 2022, terdapat 59 mahasiswa yang tengah menjalani studi di Selandia Baru, mulai dari S1, S2, S3 serta mahasiswa profesi dan vokasi,” ungkap Gubernur dalam rilisnya yang disampaikan Juru Bicara, M. Rifai Darus, Jumat (19/8).

Selain itu, Pemerintah Provinsi Papua juga menyambut baik atas rencana peningkatan pemberian beasiswa pemerintah Selandia Baru kepada putra-putri Papua yang menjalani studi di Selandia Baru.

“Gubernur sangat mengapresiasi rencana tersebut, sebab beberapa waktu yang lalu para mahasiswa asal Papua yang sedang mengenyam pendidikan tinggi di luar negeri sempat terancam keberlangsungannya akibat perubahan UU Otsus Papua. Namun demikian, dengan adanya niat dan rencana dari Pemerintah Selandia Baru untuk turut membantu pemberian beasiswa terhadap putra-putri Papua akan menjadi kebahagiaan bagi anak-anak Papua untuk dapat melanjutkan pendidikannya dan meneruskan mimpi mereka dalam menggapai ilmu setinggi dan sejauh mungkin,” tegasnya.

Diakui Jubir bahwa dalam beberapa waktu ke depan, Gubernur Lukas Enembe akan menjadwalkan kunjungan ke Jakarta untuk bertemu dengan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia.

“Pertemuan tersebut secara khusus akan membahas sektor pendidikan dan beasiswa bagi putra-putri Papua di Selandia Baru,” imbuhnya.

Disamping itu, Gubernur Lukas Enembe juga menitipkan pesan kepada seluruh mahasiswa Papua yang kini berada di Selandia Baru untuk terus fokus menyelesaikan pendidikan dengan tepat waktu.

“Gubernur juga menyampaikan rasa bangganya terhadap seluruh mahasiswa Papua yang tersebar di banyak negara, dimana kelak nantinya seluruh ilmu dan keahlian yang didapatkan dari tempat studi dapat diaplikasikan untuk Papua demi tercapainya visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera yang Berkeadilan,” pungkasnya. (nald)

LEAVE A REPLY