JAYAPURA (PT) – World Bank secara resmi bertemu Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini Plh. Gubernur Papua, M. Ridwan Rumasukun, Senin (20/2) di ruang rapat Sekda Papua.

Adapun pertemuan tersebut menindaklanjuti Program Leader Sustainable Development For Indonesia and Timor Leste The World Bank Tanggal 13 Februari 2023 lalu.

Kahkonen, Country Director for Indonesia dan Timor Leste melalui penerjemahnya menyampaikan, pihaknya sangat senang bisa bertemu dengan Plh. Gubernur Papua

“Beberapa hal yang menjadi pembahasan kami, salah satunya terkait stunting, air bersih dan listrik yang merupakan isu utama dalam pembahasan tersebut,” kata Kahkonen.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas keramahan Plh. Gubernur Papua yang telah menerima rombongan World Bank.

“Kami menantikan kesempatan untuk melanjutkan kerjasama yang lain dengan Pemerintah Provinsi Papua,” ucapnya.

Sementara itu, Ridwan Rumasukun menyampaikan hal yang dibahas dalam pertemuan dengan Woorld Bank adalah tentang hutan yang berkelanjutan, stunting, kemiskinan, air bersih. Hal tersebut yang menjadi program bersama Pemerintah Indonesia termasuk Papua.

“Mereka juga punya program yang akan ada di Papua terkait stuning, air bersih, pertanian dalam arti luas,” kata Ridwan kepada wartawan usai pertemuan.

Lanjut Ridwan, tahap pertama sebatas diskusi antara World Bank dengan Pemerintah Papua. Seiring berjalnnya waktu, akan dievaluasi untuk melakukan tindak lanjut apa yang coock untuk dilakukan di Provinsi Papua dan Papua secara keseluruhan.

“Kami memberikan apresiasi untuk teman teman di Bank Dunia, karena ini akan mempercepat proses pembangunan di Papua secara keseluruhan,” kata Ridwan.

Selain itu kata Ridwan, dalam pertemuan tersebut juga membahas tentang energi terbarukan.

“Jadi kalau pertanian diusahakan yang tidak menggunakan pupuk pestisida atau pupuk kimia, melainkan menggunakan pupuk organik. Sehingga hasil itu sehat bagi masyarakat tetapi nilai jualnya juga sangat tinggi,” pungkasnya. (nald)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY