JAYAPURA (PT) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat secara resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) tiga Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PWI di Daerah Otonom Baru yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan, Jumat (12/5) di Jayapura.

Penunjukan ini dalam rangka pelayanan kepada jurnalis dan mempersiapkan pembentukan organisasi PWI di ketiga provinsi baru tersebut.

Ketua PWI Papua, Hans Alvaro Bisay didampingi Sekretaris PWI Papua, Edwin R Senduk dalam keterangan persnya mengatakan, SK Plt Ketua PWI DOB tersebut diserahkan kepada Agustinus Kowo sebagai Plt Ketua PWI Provinsi Papua Selatan, Lamberth Palaklely sebagai Plt Ketua PWI Provinsi Papua Tengah dan Jean sebagai Plt Ketua PWI Provinsi Papua Pegunungan.

“Ketiganya ditunjuk sesuai SK PWI Pusat Nomor 469-PLP/PP-PWI/2022 atas nama Agustinus Kowo, SK Nomor 470-PLP/PP-PWI/2022 atas nama Lamberth Palakely dan SK Nomor 471-PLP/PP-PWI/2022 atas nama Jean. SK ditandatangani dan dikeluarkan tertanggal 18 April 2023,” jelas Hans Bisay.

Ketiga Plt Ketua PWI DOB ini diberikan waktu tugas selama tiga bulan hingga 18 Juli 2023. Mereka diberikan tiga tugas utama yakni tugas pertama mendata dan memvalidasi anggota PWI yang melaksanakan profesi kewartawanannya di Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan, untuk dipersiapkan Kepengurusan PWI definitive dimasing-masing provinsi.

Tugas kedua dalam mempersiapkan pembentukan kepengurusan PWI di masing-masing provinsi, harus sesuai dengan Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRT) PWI.

“Selama dalam persiapan pembentukan kepengurusan PWI masing-masing provinsi hingga definitive, senantiasa berkoodrinasi dengan Ketua PWI Provinsi Papua, serta bertanggung jawab langsung kepada Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat,”tambah Edwin Senduk.

Edwin menambahkan para Plt Ketua PWI DOB Baru tersebut ditunjuk melalui proses pengusulan dari PWI Provinsi Papua. Ketiga dinilai cakap dan mampu menjalankan roda organisasi PWI di provinsi masing-masing.

“Plt Papua Selatan Pak Agustinus Kowo adalah wartawan senior yang selama ini bertugas di TVRI dan juga anggota PWI Papua. Beliau juga anak asli di Papua Selatan Papua sehingga PWI memberikan kesempatan kepada beliau untuk mempelopori pembentukan PWI Provinsi Papua Selatan,” ungkap Edwin.

Begitupun saudara Lamberth dan Jean merupakan anggota PWI Papua dan selama ini bertugas dan mengurusi pelaksanaan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) dan sukses membawa PWI Papua meraih prestasi di Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) Malang, Jawa Timur 2022. (nald)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY