JAYAPURA (PT) – Pemerintah Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua Pegunungan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) IX Jayapura menggelar Sosialisasi Administrasi Pelayanan Bidang Kepegawaian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Yalimo.

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Asisten II Bidang Administrasi Umum dan Kepegawaian Setda Kabupaten Yalimo, Yacobus Yadlel Mabel, S.STP, M.Si didampingi Kepala Kantor Regional IX BKN Jayapura, Sabar P. Sormin, S.Kom, MMSI, Senin (22/5) di aula Kantor BKN Jayapura.

Asisten II Yalimo mengatakan, sosialisasi ini mengikutsertakan pegawai pengelola layanan kepegawaian dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Yalimo. Dengan tujuan meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para pengelola kepegawaian dalam pelayanan kepegawaian diantaranya urusan kepangkatan pegawai, mutasi, pengangkatan pegawai dan layanan pensiun.

“Hari ini Pemda Yalimo bekerjasama dengan Kantor BKN Jayapura menggelar sosialisasi dalam rangka sosialisasi kapasitas dan pengetahuan aparatur pengelola kepegawaian yang melibatkan seluruh OPD di Kabupaten Yalimo,” jelas Asisten Yakobus Mabel dalam rilisnya yang diterima Papua Today.

Ia mengatakan dengan perkembangan teknologi dan era digitalisasi saat ini, maka seluruh layanan kepegawaian berbasis digital sehingga para pengelola kepegawaian di Kabupaten Yalimo diwajibkan memahami dan mengetahui sistim layanan tersebut yakni Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN).

“Karena saat ini kita memasuki era digitalisasi dan sistim layanannya meggunakan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN), maka seluruh pegawai pengelola kepegawaian aparatur di Yalimo diwajibkan untuk memahami sistim tersebut sehingga mampu mengoperasikannya dalam rangka pelayanan kepegawaian,” kata Mabel.

Asisten Yakobus Mabel juga berharap sosialisasi dapat diikuti dengan baik oleh para peserta sehingga nanti setelah balik Yalimo dapat mengimplemetasikan system tersebut pelayanan kepada seluruh pegawai yang berada di kabupaten tersebut.

Sementata itu, Kepala Kantor Regional IX BKN Jayapura,Sabar P. Sormin menjelaskan, sosialisasi administrasi kepegawaian ini diperlukan untuk memastikan seluruh pelayanan kepegawaian berjalan sesuai norma, standar dan prosedur kepegawaian yang berlaku saat ini.

“Sosialisasi ini penting bagi pengelola kepegawaian agar mereka memahami prosedur setiap urusan kepegawaian. Oleh karena itu, atas kerjasama Pemerintah Yalimo dan BKN, hari ini digelar Sosialisasi Administrasi Pelayanan Bidang Kepegawaian,” ujarnya.

Kepala BKN menambahkan bahwa setiap pengelola kepegawaian pemerintah harus memahami dengan baik prosedur dan standar pelayanan kepegawaian diantaranya urusan kepangkatan pegawai, mutasi pegawai, pengangkatan dan penerimaan pegawai serta pelayanan pensiun pegawai.

“Urusan administrasi kepegawaian kepawan terdiri dari kepangkatan, mutasi, kepangkatan dan urusan pensiun. Urusan dan layanan-layanan ada mekanisme dan prosedur yang harus dipahami setiap pegawai pengelola layanan kepegawaian pada setiap instansi baik di pemerintah provinsi maupun kabupaten kota di Papua,”jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia, Yohanes Penius Lani, S.Kom yang juga Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Mutasi ASN Pada BKPSDM Kabupaten Yalimo mengatakan bahwa sosialisasi tersebut berlangsung selama dua hari mulai 22-23 Mei 2023 dan diikuti kurang lebih 75 pegawai pengelola layanan kepegawaian dari seluruh OPD Kabupaten Yalimo. (nald)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY