JAKARTA (PT) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua secara resmi menyerahkan dokumen kerjasama pembinaan prestasi atlet Papua kepada PT Freeport Indonesia di Kantor Pusat Freeport Indonesia, Jakarta pada Senin (15/5).

Penyerahan dokumen kerjasama pembinaan prestasi atlet Papua itu oleh Ketua Umum KONI Papua Dr. Kenius Kogoya dan diterima Arland Suruan, External Outreach CorCom PT Freeport Indonesia .

“Proposal pembinaan prestasi telah diserahkan ke pihak PT Freeport Indonesia untuk ditindaklanjuit. Kita tunggu untuk mendapat analisis dan respon dari PT Freeport,” ungkap Kenius kepada pers, Selasa, (16/5).

Kenius optimis PT Freeport Indonesia mendukung pembinaan prestasi di Tanah Papua, karena selama ini perusahaan Amerika Serikat itu telah banyak menopang pembangunan dan penyelenggaraan dunia olahraga di Papua.

“PT Freeport Indonesia sangat berperan besar dalam pembangunan olahraga di Papua. Kami optimis mendapat dukungan dari Freeport untuk melanjutkan pembinaan prestasi di tanah Papua,” ujarnya.

Penyerahan dokumen proposal kerjasama ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan KONI dan PT Freeport Indonesia tanggal 02 Mei 2023, di Kantor Pusat Freeport Indonesia, Jakarta. Dimana dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak sepakat melanjutkan kerjasama pembinaan prestasi atlet-atlet terbaik Papua.

Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Jenpino Ngabdi menyampaikan kepada KONI Papua untuk secepatnya mengajukan permohonan kegiatan dan kerjasamanya kepada Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia.

Kenius Kogoya dalam pertemuan itu menyampaikan agar kerjasama berkelanjutan antara PT Freeport dan KONI Papua terkait pembinaan atlet Papua, sponsorship dari setiap perusahaan sub kontraktor di Freeport menjadi bapak angkat cabang-cabang olahraga serta kesejahteraan pelaku olahraga.

“Kita semua tau bahwa Freeport menjadi sponsor utama tim kebanggaan Papua Persipura Jayapura. Selain itu, juga menjadi sponsorship utama saat PON XX Papua lalu. PT Freeport juga membangun venue olahraga di Timika bertarap internasional seperti Mimika Sport Center dan venue lainnya. Kami bersyukur karena Freeport tetap melanjutkan dukungan untuk pembinaan atlet-atlet terbaik kita,” ucapnya.

Menurutnya, dukungan lanjutan kepada pembinaan atlet Papua ini sudah berjalan dengan dilaksanakannya Pelatihan Nasional (Pelatnas) Atletik di kompleks Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika. Freeport juga bakal memberikan donasi sponsorship bagi atlet Papua untuk tampil di iven olahraga nasional maupun internasional. (nald)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY