JAYAPURA (PT) – Dinas Kelautan dan Perikanan Papua menggelar sosialisasi elektronik LogBook penangkapan ikan, Selasa (5/9) di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Papua Dok VII.

Dengan penerapan elektronik LogBook tersebut, diharapkan usaha penangkapan ikan bagi kapal perikanan diatas 5 GT akan lebih maksimal. Dimana pemilik kapal dan nelayan bisa mendapatkan data produksi ikan dengan lebih mudah, akurat, dan real time.

“Sebab kunci utama keberhasilan pengelolaan perikanan saat ini tergantung pada pengelolaan data dan informasi yang memadai, serta berkualitas. Salah satunya melalui penerapan elektronik LogBook penangkapan ikan ini,” ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, Iman Djuniawal dalam rilisnya kepada wartawan.

Diakuinya, Elektronik LogBook sendiri merupakan laporan harian tertulis nakhoda mengenai kegiatan penangkapan ikan dan landing declaration. Dilain pihak, sebagai surat pernyataan Nakhoda mengenai aktivitas penangkapan sumber daya ikan (hasil tangkapan) di laut, yang akan didaratkan di pelabuhan perikanan.

Pada kesempatan tersebut Iman Djuniawal, mengharapkan pemilik kapal dan nelayan, dapat memahami pentingnya pengisian Elektronik LogBook.

Dimana hal itu pula merupakan implementasi kegiatan dari Lembaga Pengelola Perikanan di Wilayah Pengelolaan Perikanan (LPP-WPP) 717 Laut Pasifik yang disponsori oleh gef 6.

“Karena kita Papua merupakan binaan dari pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate juga merupakan sekretariat komisi, kita mendapat dukungan kegiatan ini,” ucap Koordinator keyahbandaran PPN Ternate M. Amin.

Sementara Kepala Seksi Perikanan Tangkap yang juga Koordintor Kesyahbandaran Pelabuhan Perikanan Hamadi, Agus Rahmawan mengharapkan output dari kegiatan tersebut dapat menghasilkan data produksi perikan yang lebih akurat di wilayah Bumi Cenderawasih. (Dian)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY