JAYAPURA (PT) – Pj. Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun didampingi Plh. Sekda, Derek Hegemur mengunjungi KPU Papua, Kamis (21/9) dan disambut langsung oleh Ketua KPU Papua, Steve Dumbon serta beberapa anggota lainnya.

Diketahui dalam kunjungan tersebut membicarakan masalah anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Papua untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua yang akan segera dibahas.

Ketua KPU Papua, Steve Dumbon mengatakan, KPU telah mengusulkan anggaran Pilkada sebesar Rp 242 miliar. Namun usulan tersebut masih akan dibahas dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) Papua.

“Kebetulan tahapan Pilkada itu belum jalan, makanya kita terlihat masih santai. Tapi Pj. Gubernur Papua sudah berjanji akan memanggil TAPD dan KPU untuk segera membahas anggaran itu,” katanya usai menerima kunjungan Pj. Gubernur Papua.

Selain dana hibah Pilkada, lanjut dia, ada pula dana non tahapan Pilkada yang diberikan Pemprov Papua.

Steve mengakui, anggaran tersebut akan digunakan untuk membenahi Kantor KPU Papua dan sosialisasi Pemilu.

“Beliau (Pj. Gubernur Papua) bantu Rp 10 miliar untuk mengcover kekurangan-kekurangan yang akan kami gunakan untuk pembenahan di kantor. Kami juga akan menggunakannya untuk sosialisasi pemilu karena keterbatasan anggaran,” kata Steve.

Diketahui, pertemuan itu mediskusikan mengenai proses tahapan Pemilu 2024 dan kendala-kendala yang dihadapi KPU Papua.
Dimana pada kesempatan itu, Ridwan menyoroti halaman dan pagar Kantor KPU Papua yang masih perlu dibenahi.

Selain itu, Ridwan juga meminta KPU memberikan laporan mengenai Aparatur Sipil Negara yang ikut serta dalam kontestasi Pemilu.

“Pemberitahuan ke kita harus cepat terkait ASN yang terjun ke politik tapi belum berhenti. Sampaikan biar pak Sekda urus administrasinya,” kata Ridwan.

Ridwan pun mendoakan agar seluruh anggota KPU Papua tetap dalam keadaan sehat sehingga bisa melaksanakan tugas dengan baik. Dengan begitu, pesta demokrasi di Papua berlangsung dengan aman, damai dan lancar.

“Kalau tadi dari pemaparan peta konflik sedikit, mudah-mudahan penyelenggaran Pemilu bisa jalan dengna baik. Bapa dan ibu juga semoga sehat-sehat terus sehingga bisa melaksanakan tugasnya dengan baik,” tandasnya. (Dian)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY