JAYAPURA (PT) – Pj. Gubernur Papua, M. Ridwan Rumasukun resmi melantik Pj. Bupati Kabupaten Kepualaun Yapen, Welliam R Manderi, SIP, M.Si, Selasa (17/10) di Kantor Gubernur Papua. Diketahui, Welliam R Manderi menjabat sebagai Kepala Satpol PP dan BPBD Provinsi Papua dipercaya untuk menggantikan Pj Bupati Cyfrianus Mambay.

“Terima kasih kepada saudara Cyfrianus Mambay yang telah melaksanakan tugas selama satu tahun sebagai Pj. Bupati Kepulauan Yapen, atas nama Pemerintah Provinsi Papua dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen kami menyampaikan terima kasih kepada saudara dan keluarga atas dedikasi dan loyalitas terhadap amanah yang telah diberikan dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” kata Gubernur Ridwan Rumasukun mengawali sambutannya.

Ia mengatakan, berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-4137 Tahun 2023 Tanggal 12 Oktober 2023 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Provinsi Papua, maka hari telah melantik dan mengambil Sumpah/Janji Jabatan terhadap Saudara Welliam R. Manderi, SIP, M.Si Sebagai Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Provinsi Papua dengan Masa Jabatan paling satu tahun kedepan.

Oleh karena itu, dalam menjalan tugas sebagai Pj. Bupati Yapen, Gubernur Papua menjelaskan bahwa ada 3 tugas pokok yang harus dilaksanakan, pertama, melaksanakan tugas urusan Pemerintahan berdasarkan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.

Kedua, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat dan ketiga memfasilitasi persiapan pelaksanaan pemilu legislatif, Presiden, Gubernur dan Bupati tahun 2024 serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara.

Selain itu, tugas Pj. Bupati lainya adalah wajib melaksanakan program strategis nasional dan daerah yang diselenggarakan di Kabupaten Kepulauan Yapen, antara lain, program Sail Teluk Cendrawasih, program penanganan sunting dan gizi dan program pengendalian inflasi.

Sementara itu, Pj Bupati Welliam Mandery mengucapkan terima kasih banyak kepada Pj Gubernur dan Mendagri yang sudah memberikan kepercayaan kepadanya untuk menjabat sebagai Pj Bupati di Yapen.

Menurutnya, Yapen bukan daerah baru baginya, karena tempat tersebut merupakan kampungnya sendiri. “Tugas dan tanggungjawab yang diberikan akan saya kerjakan dengan baik,” ungkapnya.

Mandery menambahkan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Sekda dan DPR setempat untuk segera melakukan sidang perubahan APBD 2023, sehingga kebutuhan KPU setempat untuk kesiapan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan baik. (Dian)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY