JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua Tengah memberikan bantuan hibah sebesar Rp 8,6 miliar untuk Perguruan Tinggi dan Yayasan Pendidikan. Bantuan hibah ini diberikan kepada 14 lembaga pendidikan dengan jumlah berbeda-beda.

​Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos, MM mengatakan, agar memanfaatkan bantuan yang diberikan pemerintah, ia berharap bantuan ini dapat bermanfaat untuk memajukan dunia pendidikan di Provinsi Papua Tengah.

​“Hal yang sama sebelumnya kami berikan kepada Perguruan Tinggi dan Yayasan Pendidikan di Kabupaten Mimika. Saya berharap bantuan ini bisa benar-benar digunakan sebaik-baiknya,” ungkapnya usai memberikan bantuan, Selasa (17/10).

​Ia menyerahkan masing-masing Perguruan Tinggi dan Yayasan Pendidikan yang mendapat bantuan, untuk mempergunakan bantuan tersebut sesuai dengan keperluan mereka masing-masing.
“Anggaran itu bisa digunakan untuk menambah ruang kelas atau memperbaiki ruang kelas yang rusak. Bisa juga untuk membantu pendidikan para guru atau keperluan lainnya, asal tujuannya untuk meningkatkan dunia pendidikan,” tegasnya.

Ia juga berpesan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan sehingga mampu bersaing dengan daerah lain. “Apakah anak-anak Papua itu bisa bersaing. Jawabannya bisa. Maka mari kita bergandengan tangan untuk memperhatikan dunia pendidikan, sehingga anak-anak kita kedepan mampu bersaing apalagi 2045 kita memiliki bonus demografi dan kita harus mempersiapkan anak-anak kita,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Tengah, Marten Ukago mengatakan, bantuan ini guna membantu Perguruan Tinggi dan Yayasan Pendidikan untuk dapat memperbaiki sarana dan prasarana yang kurang lengkap di sekolah mereka masing-masing.
“Ini juga bagian dari dukungan pemerintah untuk membantu peningkatan akeditasi bagi kampus-kampus. Dalam pemenuhan akreditasi itukan ada beberapa aspek yang harus dipenuhi, mulai dari gedungnya, kualitas dan pendidikan para gurunya atau dosen dan hal lainnya. Nah untuk memenuhi hal itu, mereka bisa menggunakan anggaran ini,” katanya.

Ditempat yang sama, Rektor Universitas USWIM Nabire, DR. Drs. Petrus I Suripaty, M.Si mengakui mewakili teman-teman yang mendapat bantuan, baik kepada Perguruan Tinggi dan Yayasan Pendidikan memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah daerah.

“Inilah sebenarnya bentuk dan tanggungjawab yang diberikan pemerintah daerah dan hari ini Penjabat Gubernur mewujud nyatakannya kepada kami perhatiannya. Kami hanya bisa katakan terima kasih dan saya berharap kita semua tidak melihat dari sisi nilainya, tetapi bagaimana kita memanfaatkan bantuan ini, untuk memajukan dunia pendidikan di Papua Tengah,” tandasnya. (Dian)

 

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY