STC dan Festival Budaya di Serui

JAYAPURA (PT) – Pj. Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun membuka secara resmi pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih (STC) dan Festival Budaya Kabupaten Kepulauan Yapen 2023, di Alun-alun Lapangan Trikora, Serui, Rabu (18/10) malam.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Rumasukun berharap dua agenda tersebut menjadi titik awal mengukuhkan Kepulauan Yapen sebagai tujuan wisata budaya yang unik dan mempesona di wilayah Bumi Cenderawasih.

“Semoga agenda STC dan Festival Budaya Kabupaten Kepulauan Yapen juga ini memberikan dampak positif dalam mempromosikan wisata, mengembangkan ekonomi lokal dan menjaga warisan budaya kita,” ungkap Gubernur Rumasukun saat memberikan sambutan kemarin.

Ia juga mendorong seluruh komoditi yang ditampilkan dalam pelaksanaan STC dan Festival Budaya Saireri dapat dijaga, dipertahankan dan dilestarikan, sehingga dapat menarik minat wisatawan dari manca negara.

“Seperti pesona Kopi Ambaidiru khas Yapen yang sudah diperkenalkan ke Milan, Italia. Lalu rumput laut juga di sepanjang pantai Yapen harus menjadi komoditi yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Ikan baramudi mesti menjadi primadona baru dari laut Yapen,” bebernya.

“Harus diupayakan secara cermat agar komoditi yang ada mampu bersaing menjadi komoditas ekspor yang menjanjikan tetapi juga menarik wisatawan nasional maupun manca negara agar datang berkunjung ke Yapen,” tambahnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Kepulauan Yapen, Welliam Manderi mengapresiasi perhatian dalam bentuk kunjungan dan bantuan kepada masyarakat di Yapen.

“Semua agenda yang dilakukan gubernur kami apresiasi sebagai wujud perhatian Pemprov Papua guna membantu Yapen dalam mengatasi inflasi, stunting dan meningkatkan pemberdayaan serta kemandirian masyarakat,” pungkasnya. (Dian)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY