SENTANI (PT) – Pemerintah Kabupaten Jayapura melakukan Pencanangan Gerakan Penanaman Sayur-mayur dan Buah-Buahan bersama Gabungan Kelompok Tani dalam rangka mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura, Mathius Awaitouw mengatakan, sebagai tuan rumah PON XX Tahun 2020 siap memberikan kontribusi terhadap konsumsi dengan pangan lokal.

“Petani kita hari ini sudah mulai bekerja, dengan lahan yang luas dan tanahnya yang bagus, diharapkan bisa menjadi percontohan dan memberi semangat untuk masyarakat yang lain, sehingga dapat dikembangkan,” kata Bupati Awoitauw.

Bahkan, pihaknya juga menyerahkan benih kepada petani di Kehiran Kampung Harapan, termasuk di berbagai lokasi dimana para petani sudah diorganisasir oleh instansi terkait.

Menurutnya, suasana PON XX tahun 2020 ini diharapkan bisa membangkitkan semangat para petani di Bumi Kenambay Umbay, karena ini momentum bisa menggerakan masyarakat yang lain yang mungkin tidak serius untuk usaha-usaha pertanian ini, sehingga dapat meningkat.

Bupati Awoitauw berharap gema PON di Papua ini bisa juga menarik perhatian yang lain, sehingga momentum untuk mengerakan penanaman sayur sayuran dan buah buahan, saat ini harus siap.

“Kalau ini penanganan dengan baik dan rutin dan fasilitas yang baik, masyarakat bisa berhasil untuk menyiapkan ini semua,” ujarnya.

Bahkan, bukan hanya pelaksanaan PON nanti, tetapi pasca  PON di Papua, ketahanan pangan ini bisa menyiapkan semua, serta bahan pertanian itu bisa diolah untuk menjadi sesuatu yang lainnya.

“Yang penting masyarakat harus semangat dan dinas terkait yang lain bisa mensupport ini,” katanya.

Bupati Awoitauw menambahkan, lahan yang disiapkan adalah milik masyarakat lokal dan disewakan terus kepada petani dari Bugis Makassar yang punya keterampilan untuk mengelola lahan.

“Ini sistem bagi hasil. Dari ini kan langkah pertama yang bisa dilakukan nanti lama kelamaan dari proses ini orang akan melihat dan tertarik juga untuk terlibat di dalam pengembangan agar masyarakat lokal,” imbuhnya. (ai/sri)

LEAVE A REPLY