JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyambut baik kehadiran Ikatan Alumni Sulawesi Utara di Provinsi Papua (IKASUP). Kehadiran IKASUP ini terbilang istimewa karena bersamaan dengan peringatan Hari Lahirnya Pancasila.

Selain itu, jajaran IKASUP umumnya ada para pimpinan baik eksekutif, legislatif hingga unsur keamanan. 

Demikian ditegaskan Sekda Provinsi Papua, TEA. Hery Dosinaen, SIP, MKP ketika memberikan arahan pada pelantikan dan temu kangen IKASUP Provinsi Papua di Hotel Sahid Papua, Kamis (1/6/2017).

“Kehadiran IKASUP ini sangat penting, karena merupakan mitra bagi kami pemerintah daerah. Apalagi IKASUP ini rata-rata terdiri dari berbagai disiplin ilmu mulai dari pemerintahan, legislatif hingga akademisi. Ini cerminan bahwa IKASUP berkontribusi terhadap pembangunan di Papua,”ungkapnya.

Menurut Hery Dosinaen, Pemprov mengharapkan IKASUP turut menjaga kedamaian di Tanah Papua, mengingat selama ini kerukunan di Papua terjalin dengan baik meskipun akhir-akhir terjadi kejadian-kejadian yang sempat membuat kekhawatiran di masyarakat, namun berkat kesigapan aparat keamanan hal tersebut bisa diatasi.

“Kita berharap tidak ada gesekan horizontal atas dasar suku atau agama dan tentu kita berharap semua pihak termasuk IKASUP bisa menjaga ini dengan baik,”imbuhnya.

Pihaknya berharap, IKASUP dapat mengaplikasikan ilmunya untuk mendukung visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yakni Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera.

“Saya menghimbau kepada kita semua untuk satu hati bergandeng tangan mewujudkan Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera,”ajak Sekda Heri Dosinaen.

Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol. Boy Rafli Amar menyebutkan bahwa kehadiran IKASUP diharapkan memperkuat kebhinekaan yang selama ini sudah terjalin dengan baik di Papua. Apalagi kehadiran IKASUP bersamaan dengan peringatan Hari Lahirnya Pancasila.

“Harus ada komitmen bersama untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini diharapkan dapat dilakukan oleh IKASUP,”terang Kapolda.

Hal yang sama diutarakan Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI. George Elnadus Supit yang meminta kepada IKASUP untuk menjaga Tanah Papua tetap menjadi tanah yang damai.

“Sebagai elemen anak bangsa, mari kita sama-sama jaga tanah ini agar tetap menjadi tanah damai,”tegasnya yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina IKASUP.

Senada dengan itu, Ketua IKASUP, Doren Wakerkwa, SH menyebutkan bahwa kehadiran IKASUP di Papua diharapkan berkontribusi terhadap pembangunan di berbagai bidang.

“Seperti pesan pak Sekda bahwa kita harus berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan di Papua. Kita akan gelar seminar-seminar di Uncen dan menghadirkan guru-guru besar dari Manado,”pungkasnya. 

Doren menambahkan pihaknya memberikan perhatian serius terhadap sektor pendidikan, kesehatan dan sektor lainnya.

“Kami mendukung program Pemerintah Provinsi, Kabupaten maupun Kota. Kita harapkan pengurus IKASUP di Kabupaten/Kota segera dilantik juga,”tandasnya. (ama/rm)

LEAVE A REPLY