Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH saat menandatangani prasasti Wisma Atlet di Stadion Mandala Jayapura. Karena prestasi olahraga, maka Gubernur mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar Papua dijadikan Provinsi Olahraga

JAYAPURA (PT) – Disela-sela rapat terbatas secara virtual yakni lewat zoom meeting antara Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dengan Presiden Jokowi, Jumat (23/7) tentang rencana aksi percepatan pembangunan di tanah Papua, ada hal menarik perhatian yang dibahas.

Ya, Gubernur Lukas Enembe meminta dan mengusulkan kepada Presiden Jokowi untuk menjadikan Papua sebagai Provinsi Olahraga dan usulan tersebut disambut positif oleh Presiden Jokowi.

“Presiden juga langsung meminta kepada Menpora untuk bisa melakukan langkah-langkah taktis dalam upaya menjadikan Papua jadi Provinsi Olahraga,” jelas Juru Bicara Gubernur Papua, M. Rifai Darus, SH kepada wartawan yang juga mengikuti rapat terbatas tersebut.

Menurut Gubernur Enembe bahwa dengan beberapa pertimbangan khusus tentang struktur dan infrastruktur sarana olahraga di Papua yang sudah semakin baik dan banyak, bahkan ada yang sudah bertaraf internasional maka sudah sepantasnya Papua dijadikan sebuah provinsi yang bergelar provinsi olahraga.

“Inilah yang dilakukan oleh Gubernur. Ini merupakan langkah taktis kepada pemerintah pusat dalam upaya menjadikan Papua sebagai Provinsi Olahraga. Sebab Papua merupakan gudang atlet berprestasi,” terang Gubernur.

Tak hanya itu, Gubernur juga mengakui bahwa dijulukinya Papua sebagai provinsi olahraga tak lain dalam rangka meningkatkan semangat para atlet Papua terlebih kepada generasi Papua untuk bisa berkarya dalam olahraga.

Bahkan, setelah dijadikannya Papua sebagai Provinsi Olahraga maka atlet Papua yang akan berkompetisi di PON XX Papua dapat menunjukkan kemampuan dan meraih keberhasilan serta semakin meningkatkan semangatnya.

“Harapan kita demikian. Ini menjadi sejarah bagi Papua,” pungkasnya. (rm)

LEAVE A REPLY