Evaluasi Otsus Masih Tunggu Jadwal

 JAYAPURA – Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH mengatakan, rencana evaluasi Otonomi Khusus (Otsus) masih menunggu jadwal dari tim evaluasi yang bakal turun ke 29 kabupaten dan kota. Bahkan menurut Gubernur bahwa tim evaluasi Otsus tersebut akan diisi oleh gabungan beberapa stakeholder diantaranya DPRP, Kepolisian dan instansi lainnya.

“Sekda belum menentukan jadwal jadi tunggu saja,”kata Gubernur Lukas Enembe, SIP, MH kepada wartawan di Jayapura belum lama ini.

Ditempat terpisah, Sekda Papua Hery Dosinaen, SIP, MKP mengakui, dalam waktu dekat pihaknya akan menurunkan tim monitoring evaluasi dan auditor dana Otsus Papua di seluruh kabupaten dan kota. “Tanggal 26 September 2016 tim monitoring dan auditor evaluasi akan kami turunkan.”akunya.

Ia menjelaskan, tim monitoring Otsus yang sudah disiapkan berjumlah 40 orang terdiri dari unsur DPR Papua, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Inspektorat, Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah serta unsur akademisi.

“Makanya sekali lagi teman-teman saya harap bisa berkonsentrasi supaya menghasilkan satu pendapat untuk dijadikan rekomendasi maupun referensi,”ucapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Bappeda Provinsi Papua Dr. Muhammad Musaad mengungkapkan, monitoring evaluasi Otsus bereferensi pada regulasi Perdasus 25 tahun 2013 tentang pembagian dana Otsus.

 

Sebab berkaca pada periode sebelumnya, dana Otsus tersentral di provinsi sehingga paradigma ini diubah oleh pimpinan saat ini dengan mengelontarkan dana Otsus 80 persen ke kabupaten/kota.

“Untuk itu, atas keputusan Gubernur Papua dibentuklah tim monitoring ini yang berkolaborasi dari beberapa SKPD dan stakeholder termasuk akademisi untuk sama-sama turun ke lapangan melihat kondisi obyektif yang telah dilakukan kabupaten dan kota terhadap 80 persen dana Otsus itu,”katanya. (redaksi)

LEAVE A REPLY