Gubernur : Gereja Harus Mampu Pertanggungjawabkan Dana Otsus

JAYAPURA – Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH menegaskan kepada seluruh sinode gereja di Papua yang telah mendapat dan menerima dana Otsus Provinsi Papua yang dialokasikan 10 persen dari 20 persen supaya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Demikian ditegaskan Gubernur Papua dalam sambutannya saat meresmikan Fasilitas Gedung Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi yang dimotori Sinode Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Daerah Misi Papua, Senin (10/10) di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Gubernur menjelaskan, kebijakan Gubernur Papua sejak awal sudah jelas tentang bagaimana pembagian dana Otsus 80:20 persen ke kabupaten dan kota. Dari 20 persen dana Otsus yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Papua itu dikeluarkan untuk kepentingan gereja seperti peresmian gedung ini.

“Saya sambut baik apa yang sudah dilakukan gereja dalam program ini dengan menerjemahkan visi misi Gubernur Papua yakni Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera. Saya yakin semua dana yang dikelola oleh gereja maka akan berhasil,”katanya.

Diakuinya, dana Rp 100 miliar yang dikelola setiap Kabupaten dan Kota sangat tidak cukup oleh karena itu, Gubernur percaya gereja-gereja mampu mempertanggungjawabkan penggunaan dana tesebut. Bahkan Gubernur berharap dana yang kecil ini bisa dikelola secara baik dan digunakan dengan baik.

“Fasilitas ini sangat luar biasa dan pertama sekali saya meresmikan. Mudah-mudahan bantuan kedepannya dapat dimanfaatkan baik untuk pendidikan kesehatan dan ekonomi. Termasuk pengelolaannya dan pemanfaatannya benar-benar untuk kepentingan masyarakat,”tandasnya. (redaksi)

LEAVE A REPLY