Pemprov Papua Serahkan Bantuan Kepada 2 Lembaga Agama

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua secara resmi menyerahkan dana insentif kepada para hamba Tuhan di dua lembaga gereja yakni Gereja Kingmi sebesar Rp 360 juta dan GPDI sebesar Rp 350 juta. Kepala Biro Kesra dan Kemasyarakatan Setda Provinsi Papua, Naftali Yogi mengatakan, penyerahan dana insentif ini merupakan kebijakan khusus dari Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH kepada lembaga keagamaan khusus untuk tujuh gereja.

Dijelaskannya, dana ini digunakan untuk bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi umat dalam rangka pembinaan keagamaan di Papua. “Ini kebijakan khusus Gubernur Papua kepada lembaga agama. Tadi pagi kami sudah serahkan kepada ketua sinode. Total anggaran yang kami serahkan sebesar Rp 710 juta. Dana yang diserahkan tersebut sesuai usulan dari mereka,”ungkapnya.

Diakuinya, penggunaan anggaran tergantung dari sinode dalam mengajukan program kemudian bagi hamba Tuhan yang bertugas di wilayah terisolasi dalam rangka membuka pos-pos penginjilan baru. Dimana dana ini sebagai operasional untuk motivasi semangat penginjilan di daerah terpencil.

Lebih jauh dijelaskan, realisasi anggaran lembaga pemberdayaan keagamaan tahun ini yang telah dikeluarkan sampai bulan November 2016 sudah mencapai 60 persen dan 40 persen masih anggaran dari total anggaran sebesar Rp 42 miliar yang terbagi pada tujuh sinode.
“Anggaran baru terserap 60 persen yang belum terserap masih ada 40 persen dan untuk uang tidak ada masalah. Kalau fisik sudah selesai maka uang tinggal kita cairkan,”bebernya. (tim)

LEAVE A REPLY