Ini Seruan Gubernur Papua Tentang Pemilukada Serentak

JAYAPURA – Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH mengajak kepada seluruh masyarakat, calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota supaya mensukseskan pemilukada serentak tahap kedua yang bakal digelar pda 15 Februari 2017 mendatang. “Mari kita sukseskan pemilukada serentak yang akan dilaksanakan tahun depan. Mari salurkan hak suara masing-masing untuk memilih sesuai hati nurani kita dan ciptakan suasana damai di Provinsi Papua sebagai tanah yang diberkati,”seru Gubernur ketika memberikan keterangan pers di Swissbel Hotel Jayapura, Kamis (24/11) kemarin.

Gubernur Lukas Enembe mengingatkan pilkada serentak tahap kedua di Papua mempunyai potensi konflik, untuk itu pada kabupaten-kabupaten yang mempunyai rawan konflik agar dapat menjaga keamanan. “Memang pada 11 kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada serentak di Papua rawan konflik,”katanya.

Selain itu, Gubernur meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan tindakan kekerasan dengan cara melampiaskan kemarahan sehingga menimbulkan konflik besar. “Saya harap gunakan hak suara masyarakat sesuai dengan keinginan hati nurani untuk menyalurkan hak pilih,”imbuhnya.

Dalam rangka menjaga stabilitas keamanan saat pemilukada serentak, Gubernur Lukas Enembe meminta kepada TNI/POLRI yang ada di daerah agar dapat mengendalikan masyarakat. Dengan demikian pelaksanaan pemilukada pada 11 kabupaten dapat dilaksanakan dengan baik. Bukan hanya itu, Gubernur juga berharap kepada Plt Bupati yang ditunjuk agar dapat menjaga netralitas selama pelaksanaan pemilukada sebab sebagian besar petahana kembali mencalonkan diri.

“Saya harap Plt Bupati dapat melaksanakan tugas dengan baik. Jaga netralitas dan jangan buat aneh-aneh agar tidak menimbulkan konflik,”tegasnya. (tim)

LEAVE A REPLY