##Pertemuan Bahas Masalah Pendidikan##

JAYAPURA – Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Papua dan Papua Barat dalam rangka mempromosikan hubungan bilateral Inggris dan Indonesia termasuk kerjasama pendidikan serta untuk memahami lebih jauh perkembangan isu sosial dan politik terkini.
Kedatangan utusan Kedubes Inggris tersebut langsung diterima Sekda Papua, Hery Dosinaen, SIP, MKP didampingi Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN), Suzana Wanggai dan Kabid Pendidikan Khusus/Pendidikan Layanan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua, Laurensius Wantik.
Sekda Papua mengatakan, pertemuan ini membahas masalah pendidikan dimana pemerintah Inggris berencana ke depan untuk merekrut putra-putri asli Papua yang mempunyai kemampuan terbaik untuk mengenyam pendidikan di Inggris.
“Pemerintah Inggris memberikan perhatian serius tentang pendidikan di Papua dan pertemuan ini baru penjajakan awal. Kami Pemerintah Provinsi Papua pastinya akan membangun koordinasi yang lebih baik lagi dengan mereka ,”ungkap Sekda kepada wartawan kemarin.
Sekda mengakui, sejauh ini sudah ada program beasiswa dari Pemprov Papua kepada putra-putri asli Papua untuk bersekolah di Inggris. “Selama ini sudah dikelola lewat Biro SDM,”imbuhnya.
Sementara dalam rilis yang dikeluarkan Kedutaan Besar Inggris menjelaskan, kunjungan regular yang dilakukan kedutaan besar Inggris ke Papua dan Papua Barat untuk mempromosikan beasiswa Chevening dan bertemu pemangku kebijakan.
Pemerintah Inggris juga menyebutkan bahwa siap menyambut kedatangan pelajar terbaik Papua untuk datang ke Inggris baik melalui program beasiswa Chevening maupun LPDP demi membantu Papua mencapai potensi terbaiknya.
Sekedar diketahui, program beasiswa Chevening adalah program beasiswa global dari Pemerintah Inggris yang dibiayai oleh Kantor Kementerian Luar Negeri Inggris (FCO) dan mitra organisasi lainnya. (tim)

LEAVE A REPLY