IKAL Diminta Netral dan Tidak Terlibat Pilkada

JAYAPURA – Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Pusat, Agum Gumelar resmi melantik Emi Enembe sebagai Ketua IKAL Komisariat Papua, Selasa (7/2) kemarin di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua.

Agum Gumelar berharap IKAL Komisariat Papua dapat bersikap netral dalam pilkada serentak mendatang. Menurutnya, menghadapi proses demokrasi seperti ini sebagai satu organisasi dan kelembagaan maka IKAL harus bersikap netral.

Ia menegaskan supaya tidak ada anggota IKAL Komisariat Papua yang turun ke lapangan kemudian membawa bendera IKAL dan mengkampanyekan salah satu calon pasangan calon.
Dia menjelaskan, IKAL memiliki kemerdekaan untuk memilih sesuai keyakinan masing-masing namun perbedaan dalam memilih ini sifatnya sementara karena akan berakhir ketika pilkada juga berakhir.

“Semua anggota IKAL harus dapat menghormati keputusan, itu adalah sifat dewasa dalam berdemokrasi,”katanya lagi.

Dia menambahkan, pihaknya mengharapkan dukungan berbagai pemangku kepentingan di Provinsi Papua seperti Gubernur, Kapolda, Pangdam sebab keberadaan IKAL Komisariat Papua ini baru pertama kali dibentuk sehingga membutuhkan banyak dukungan.

Sementara itu, Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH meminta kepada IKAL Komisariat Papua agar dapat menjaga Bhineka Tunggal Ika di Papua.

“NKRI Bagian dari Papua dan Papua bagian dari NKRI,”tegasnya.

Kepada yang baru dilantik, Gubernur berpesan agar ilmu yang didapat di Lemhanas dapat diterapkan di Papua dengan demikian dapat menjaga kesatuan dan kebhinekaan.

“Karena di Papua ini kita sudah menjaga kebhinekaan yang luar biasa dan kita tidak mau ada isu-isu seperti yang terjadi di Jakarta terjadi di Papua. Kita menjaga kesatuan dan NKRI yang kita cintai,” tandasnya. (tim)

LEAVE A REPLY