JAYAPURA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengaku, masih banyak kabupaten/kota di Papua yang mempunyai nilai akuntabilitas kinerja pemerintah yang rendah.

“Menurut laporan yang saya terima bahwa masih banyak kabupaten/kota di Papua punya nilai rendah. Ada yang nilai C dan D,”tegasnya dalam Rapat Kerja Aparat Sipil Negara (ASN) Se-Provinsi Papua di Aula Balai Diklat Provinsi Papua, Jumat (3/3).

KemenPAN-RB menargetkan tahun ini minimum 50 persen kabupaten/kota Se- Indonesia dalam Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) daerah harus mendapat nilai B.

Untuk mewujudkan hal tersebut, ASN diminta memperbaiki akuntabilitas kinerja pemerintahan.

“Kalau nilainya B, saya yakin sistem pemerintahan dan pengelolaannya akan efisien termasuk efisien tata kelolanya,”ungkapnya.

Untuk Papua, MenPAN-RB masih enggan menyebutkan kabupaten/kota yang masih rendah dan menyatakan masih menunggu hasil evaluasi tahun ini dan nantinya bakal diumumkan.

Untuk itu, Asman Adnur mengajak dan meminta kepada seluruh ASN agar dapat merubah tata cara kerjanya. Dan membutuhkan dukungan dari masing-masing semua pemerintah daerah.

“Saya harapkan mari kita rubah tata cara bekerja ASN ini bersama-sama karena Kemenpan saja tidak cukup, LAN tidak cukup tetapi semangat harus datang dari dalam diri sendiri mulai dari semua pihak. Saya yakin Papua akan maju dan Indoensia akan maju serta rakyat akan makmur. Kedepannya setiap unit kerja diharapkan mampu mengembangkan satu inovasi,”tandasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY