JAYAPURA – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Papua dan Papua Barat (WP2B) terus berupaya agar Rasio Elektrifikasi (RE) dapat meningkat hingga 90 persen di tahun 2019 mendatang.

Untuk meningkatkan RE tersebut, PLN tidak hanya melistriki di ibukota kabupaten saja namun juga di pedesaan-pedesaan yang ada di Papua dan Papua Barat.

“Beberapa waktu lalu PLN WP2B baru saja meresmikan kurang lebih 60 desa yang telah dilistriki. Dan ditahun 2017 ini PLN PW2B akan melistriki kurang lebih 300 desa lagi. Saat ini PLN sedang mempersiapkan hal-hal yang mendukung untuk melestriki desa-desa salah satunya kampung Yoboi yang terletak di Sentani,”ujar Manajer PLN Area Jayapura, John Yarangga.

Dikatakan, saat ini kita dalam tahap persiapan untuk melestriki desa/kampung yang ada di Jayapura dan sekitarnya.

Namun pihaknya mengakui, cukup banyak kendala yang dihadapi oleh PLN untuk meningkatkan RE di Papua dan Papua Barat. Salah satunya adalah geografis.

Namun kata John, PLN dalam hal ini khususnya PLN WP2B tidak menyerah dengan keadaan yang ada, PLN WP2B terus berupaya agar masyarakat yang ada di tanah Papua ini dapat dinikmati listrik.

“Beberapa rekan-rekan sedang melakukan pekerjaan yaitu tanam tiang. Itu ada sekitar 9 tiang yang sangat sulit untuk dipasang.

Tapi targertnya pada bulan Maret ini pekerjaan untuk kampung Yoboi dapat segera terselesaikan,“ujarnya.

Untuk itu kata John Yarangga, PLN juga meminta dukungan baik dari masyarakat maupun OPD agar target RE ini dapat terwujud di tahun 2019 mendatang. (lam/rm)

LEAVE A REPLY