JAYAPURA – Bertugas di Papua adalah suatu kebanggaan bagi prajurit TNI. Dan setiap prajurit yang ditugaskan harus menjawab ini sebagai suatu tantangan.

Demikian dikatakan Pangdam XVII/Cendrawasih, Mayjen TNI. Hinsa Siburian pada acara serahterima jabatan Dandrem 173/PVB di Makodam, Sabtu (18/3).

Dikatakan Pangdam, seorang prajurit yang memiliki jiwa patriot sejati maka dia akan bangga bertugas di Papua.

“Prajurit paling menginginkan bertugas di medan perang. Dan itu ada di Papua saat ini untuk Indonesia. Tugas pokok kita saat ini adalah pembinaan teritorial yaitu membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua,”tegas Pangdam.

Pangdam menggambarkan, di Kodam XVII/Cenderawasih daerah rawan berada pada wilayah Korem 173/PVB.

“Di wilayah Korem 173/PVB masih ada kelompok kriminal bersenjata (KKB). Dimana jika kita tidak waspada dan siap maka taruhannya adalah jiwa melayang. Tapi Brigjen Tri telah melaksanakan tugas dengan baik dan mendapat promosi jabatan,”terang Pangdam.

Lebih jauh Pangdam mengatakan, serah terima jabatan merupakan hal yang lumrah dalam rangka Tour Of Duty dan Tour Of Area serta sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan personel dalam dimensi kepemimpinan, manajemen dan profesionalitas keprajuritan.

Disamping itu, didalam pembinaan personel agar memiliki kemampuan yang sesuai kebutuhan organisasi diperlukan adanya penyiapan personel yang tepat melalui upaya penempatan jabatan yang bervariatif.

Pergantian pejabat dan mutasi di lingkungan TNI AD khususnya di Kodam XVII/Cenderawasih merupakan suatu hal yang biasa dilakukan agar roda organisasi dan regenerasi kepemimpinan di lingkungan Angkatan Darat dapat berjalan dengan lancar.

Kemudian terus berlanjut sesuai dengan pembinaan personel maupun pembinaan satuan agar dari generasi ke genarasi memiliki kapasitas dan akseptabilitas serta responsibilitas yang tinggi.

“Lanjutkan hal-hal positif yang dirintis pejabat lama dan buatlah terobosan-terobosan yang dipandang baik dalam optimalisasi pencapaian tugas pokok TNI Angkatan Darat khususnya Kodam XVII/Cenderawasih,”terang Hinsa Siburian.

Sekedar diketahui, pejabat yang melaksanakan serah terima adalah Danrem 173/PVB dari Brigjen TNI. Tri Soewandono kepada Kolonel Inf. I Nyoman Cantiasa, Danden Kav-3/SS dari Mayor Kav. Muslim Rahim T, SH kepada Mayor Kav. Delvi Marico, SE.

Dan Dandenzipur 10/KYD dari Mayor CZI. Alfian Rachmad kepada Kapten Czi. Andy Kurniawan.

Selain itu, Pangdam juga menerima penyerahan tugas dan jabatan Staf Ahli Pangdam Bidang Ilpengtek dan LH dari Kolonel Inf Husein Sagaf, SH. (lam/rm)

LEAVE A REPLY