JAKARTA – Memasuki 4 tahun kepemimpinan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM, Pemerintah Provinsi Papua kembali menorehkan prestasi gemilang.

Dimana Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dinobatkan sebagai salah satu kepala daerah inspiratif tahun 2017.

Penghargaan ini diberikan oleh Majalah Sindo Weekly dengan melihat kisah inspiratif dari sosok Gubernur Lukas Enembe yang mampu membuat terobosan pembangunan di Papua serta bersinergi dengan pemerintah pusat dalam menjabarkan konsep Nawacita Presiden Joko Widodo.

Ketokohan Gubernur Lukas Enembe juga menjadi perhatian dalam pemberian penghargaan kepala daerah inspiratif yang mampu membuka ruang pembangunan berkelanjutan seperti pembangunan tol laut yang secara bertahap bakal memberikan kontribusi berkelanjutan bagi masyarakat Papua.

Hal ini diakui oleh Pemimpin Redaksi Majalah Sindo Weekly, Nevy Hetaria yang mengaku menjadi poin penting dalam penganugerahan Sindo Goverment Award kategori Kepala Daerah Inspiratif tahun 2017 kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH.

“Pak Gubernur Lukas Enembe kenapa sampai kita beri penghargaan sebagai kepala daerah inspiratif, tentu karena kemampuan beliau dalam menginspirasi pembangunan di Papua.

Kalau Bupati/Wali Kota itu bersentuhan dengan masyarakat dan kalau Gubernur itu yang menginspirasi pembangunan di daerah dengan mensinergikan program Nawa Cita Presiden Joko Widodo. Ini yang menjadi poin penting bagi kami untuk memberikan penilaian tersebut,”ungkapnya disela-sela kegiatan penganugerahan Sindo Weekly Goverment Award di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (3/4/2017).

Nevy menyebutkan, pemberian penganugerahan ini tentu sudah melalui kajian mendalam karena selain melibatkan Lembaga LITBANG RI, pihak redaksi juga melibatkan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Sehingga pemberian penghargaan ini benar-benar bisa dipertangungjawabkan.
“Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang berhasil membangun daerahnya dengan baik termasuk Gubernur Papua yang mampu menginspirasi pembangunan di Papua,”bebernya.

Tantangan pembangunan di Papua, lanjut Nevy menjadi catatan bagi pihaknya untuk memberikan penghargaan tersebut.

“Kita tahu bahwa membangun Papua itu bukan perkara gampang dan pemerintah pusat sendiri tidak mungkin masuk untuk membangun di Papua tanpa berpikir panjang dan melihat siapa yang menjadi gubernur. Ini juga jadi perhatian penting, bagaimana membangun daerah dengan tantangan yang berat,”imbuhnya.

Nevy mengharapkan agar dengan penghargaan yang diterima hendaknya menjadi semangat baru untuk Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH melanjutkan pembangunan di Papua menjadi lebih baik lagi.

“Harus ada kebangkitan bagi Papua sehingga kita harapkan pak Gubernur mampu melanjutkan pembangunan dan sehingga masyarakat Papua semakin sejahtera,”jelasnya.
Sementara itu, Gubernur Papua , Lukas Enembe, SIP, MH mengapresiasi pemberian penghargaan dari majalah Sindo Weekly.

Gubernur sangat yakin apa yang telah diberikan ini merupakan cerminan perjuangan dirinya setelah menjabat sebagai Gubernur Papua sejak 2013 silam.

“Saya tentu berterima kasih kepada Sindo Weekly yang telah memberikan penghargaan ini. Tentu mereka punya parameter dalam memberikan penghargaan,”ucap Gubernur.

Gubernur juga menilai berbagai terobosan dirinya dimana untuk pertama kalinya pesawat Boeing bisa masuk ke Papua bahkan ke daerah pedalaman seperti Dekai, Yahukimo maupun Wamena, Jayawijaya.

“Ini langka maju kita mampu membuka keterisoliasian antar daerah. Sekarang saja bayangkan pesawat Boeing bisa masuk kedaerah pedalaman, ini kan hal yang luar biasa,”katanya.

Gubernur menerangkan, guna mendongkrak fiskal daerah di era kepemimpinannya dirinya bersama Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM memberikan alokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) kepada kabupaten/kota sebesar 80 persen.

Sedangkan provinsi hanya mengelola dana Otsus sebesar 20 persen yang mana 10 persen dialokasikan lagi untuk lembaga keagamaan di Papua.

“Ini terobosan luar biasa, dimana kami memberikan kepercayaan kepada kabupaten/kota untuk berinivasi bahkan berkreasi untuk membangun daerahnya sendiri,”terangnya.
Gubernur percaya apa yang dilakukan oleh dirinya dan Wakil Gubernur, Klemen Tinal merupakan sejarah baru orang Papua dalam mewujudkan Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera.

“Mari kita sama-sama dukung pembangunan berkelanjutan di Papua dalam mewujudkan Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera,”tuturnya.

Ditempat yang sama, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri RI, Dr. Sonny Sumarsono yang juga Plt. Gubernur DKI Jakarta menyampaikan terima kasih kepada Majalah Sindo Weekly yang telah menyelenggarakan Sindo Weekly Goverment Award karena mampu memberikan semangat kepada para penerima setelah mampu membangun atau mentransformasi daerahnya dengan baik.

“Pemerintah tentu memberikan perhatian penting bagi pembangunan di daerah dan diberikan bersamaan dengan hari otonomi daerah dan penghargaan ini tentu menjadi perhatian pemerintah. Kami sampaikan terima kasih kepada Majalah Sindo Weekly yang telah mampu menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik,”katanya.

Sonny menjelaskan bahwa kepala daerah yang mampu meraih penghargaan di ajang Sindo Weekly Goverment Award tentu menjadi spirit untuk pilkada serentak tahun 2018 bagi kepala daerah yang ingin maju kembali.

“Kalian harus bangga bahwa ini merupakan jalan bagi kepala daerah yang akan maju pada pilkada serentak 2018 baik pilkada Kabupaten/Kota maupun Gubernur,”tandasnya. (ama/rm)

LEAVE A REPLY