JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan lembaga terkait bakal melaksanakan gerakan stop malaria.

Pimpinan Wahana Visi Indonesia (WVI) Zona Papua, Charles Sinaga bersama Kepala Seksi TB Malaria Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Marthen Robaha telah melakukan koordinasi terkait rencana kegiatan tersebut.

“Tanggal 8 Mei 2017 mendatang, Menteri Kesehatan RI, Nafsiah Mboi akan melakukan kunjungan kerja ke Jayapura dalam upaya untuk mendorong percepatan elimanisasi malaria atau stop malaria di Papua,”ungkapya Charles Sinaga.

Charles menjelaskan, kehadiran Menteri Kesehatan dalam kapasitas sebagai pemimpin dalam komitmen eliminasi malaria tingkat Asia Pasifik.

”Beliau akan bertemu dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dan sejumlah Bupati dari lima kabupaten untuk membuat langka taktis untuk menurunkan angka malaria di Papua. Kita berencana menggelar pameran pada momen tersebut,”katanya.

Ia berharap dari aksi ini, Dinas Kesehatan Provinsi Papua bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/kota bisa menindaklanjuti dengan membuat rencana aksi daerah untuk program percepatan stop malaria.

Senada dengan itu, Kepala Seksi TB Malaria Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Marthen Robaha menyebutkan bahwa kegiatan rencana aksi nasional ini disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.

”Kita di Papua punya rencana aksi untuk stop malaria yang disesuaikan dengan konteks Papua,”jelasnya.

Marthen menambahkan di Papua beberapa daerah yang masih tergolong endemis diantaranya Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayapura. (ama/rm)

LEAVE A REPLY