JAYAPURA – Dalam rangka mewujudkan sinerginitas antara pengurus National Paralympic Committe (NPC) di seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua, maka NPC Provinsi Papua menggelar Rapat Kerja (Raker) ke II di Hotel Sahid Jayapura, Selasa (23/5/2017).

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Papua, Drs. Elia Loupatty, MM mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, atlet NPC Papua terus mengharumkan nama Provinsi Papua di tingkat Nasional.

Hal itu, menurutnya dibuktikan dengan prestasi kontingen Peparnas Papua di Jawa Barat, dimana Papua menduduki peringkat ke lima dari 34 provinsi Se-Indonesia.

“Kalau di Jawa Barat masuk lima besar, maka di Peparnas XVI kita harus juara umum, sebab kita sendiri menjadi tuan rumah,”ujarnya.

Loupatty berharap, setelah adanya Raker ini maka NPC Provinsi dan kabupaten/kota dapat segera menyiapkan atlet serta terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik. Terkait dengan pelaksanaan Peparnas di Papua tahun 2020, Loupatty menghimbau kepada pengurus NPC Papua untuk berkoordinasi dengan KONI, Dinas Olahraga dan Pemuda untuk membentuk panitia karena pembentukan panitia inipun terkait dengan anggaran.

Oleh karena itu, jika sudah terbentuk panitia maka segera dilaporkan kepada Gubernur Papua sehingga berbagai pembiayaan dapat segera dibahas oleh tim anggaran pemerintah daerah.

Loupatty juga menghimbau kepada pengurus NPC Papua maupun pusat untuk berkoodinasi dengan PB PON untuk pembukaan Peparnas di Papua. Sebab, katanya, PON dan Peparnas hanya selisi waktu dua minggu dan apakah pembukaan bisa disatukan atau tidak.

Ia beralasan, Presiden Jokowi tidak mungkin akan hadir di Papua dua kali dalam sebulan. Oleh karena itu, perlu koordinasi yang baik kedepan.

Sementara itu, Ketua NPC Papua, Jaya Kusuma mengatakan, untuk meningkatkan konsolidasi kepengurusan di kabupaten/kota, maka NPC melakukan rapat kerja ini dengan tujuan untuk meningkatakan prestasi NPC Papua pada Peparnas tahun 2020 di Papua.

“Raker ini tujuannya untuk kita jalin komunikasi dan koordinasi yang baik dari semua pengurus baik di jajaran kabupaten kota maupun provinsi,”imbuhnya.

Jaya Kusuma menambahkan, NPC usai Peparnas Jawa Barat sudah mengirimkan sebanyak 9 atlet untuk TC Pelatnas untuk persiapan Asian Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Kami mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Papua, agar sembilan atlet NPC Papua dapat memberikan hasil yang terbaik pada Indonesia di Asia Para Games Malaysia,”ucapnya.

Turut hadir pada Raker NPC, Ketua NPC Pusat, Senny Marbun, Kadisorda Papua, Yusuf Yambe Yabdi, Anggota DPR Papua, Ruben Magai dan peserta Musda NPC dari Kabupaten/Kota se Papua. (lam/rm)

LEAVE A REPLY