JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bupati dan Wali Kota SE-Papua untuk mengevaluasi kinerja para kepala daerah dalam pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan.

Rakerda tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dan dihadiri Dirjen Otda Drs. Sumarsono serta Forkompimda Provinsi Papua, 29 Kepala Daerah, Kapolres, Dandim di Sasana Krida, Selasa (6/6/2017).

Disela-sela acara Rakerda itu, Gubernur Papua menyerahkan penghargaan kepada 15 kabupaten dan kota yang mempunyai prestasi dalam penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

Kemudian pemberian penghargaan terhadap hasil pembangunan kesehatan bagi 12 kabupaten dan kota dari Kementerian Kesehatan serta pelepasan tenaga pendamping Germas Hasrat Papua.
 
Dalam arahannya, Gubernur Papua menegaskan, Rakerda ini merupakan forum pemerintah daerah yang sangat penting guna mengevaluasi seluruh pelaksanaan pembangunan dan pelayanan pemerintahan.

“Banyak permasalahan yang terjadi di kabupaten/kota akhir-akhir ini. Misalnya kasus Pilkada, Miras, Ormas Radikal dan banyak orang Papua meninggal karena berbagai hal. Ini yang akan dibahas dalam Rakerda ini. Kita harus mengambil satu keputusan bersama,”terangnya.

Sementara itu, Sekda Papua, TEA. Hery Dosinaen, SIP, MKP dalam laporannya mengungkapkan, dalam penyelenggaraan pemerintahan sejak kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal telah memberikan kepercayaan kepada kabupaten dan kota untuk mengatur daerahnya masing-masing.

“Pada forum ini para Bupati dan Wali Kota harus mempunyai komitmen dan harus mampu secara jelas,”ujarnya.

Salah satu hal yang perlu menjadi perhatian, kata Hery Dosinaen adalah laporan pemerintahan daerah yang merupakan tugas dan tanggungjawab melekat pada kepala daerah untuk bagaimana memberikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dengan lengkap.

“Sangat disayangkan sudah belasan tahun laporan pemerintahan daerah mempunyai strata yang rendah, namun dibawa pembinaan Dirjen Otda ada peningkatan grafik dalam laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah,”tandasnya. (ing/lam/rm)

LEAVE A REPLY