JAYAPURA – Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Papua Gerzon Jitmau, SH, MM melakukan rapat koordnasi dengan pimpinan Badan Usaha Milik Negara dan Daerah (BUMN/D) yang berada di wilayah Papua, Rabu (19/7/2017).

Diketahui bahwa tujuan dari rapat koordinasi ini untuk peningkatan Pendapatan Asli
Daerah (PAD) melalui sektor penerimaan Badan Usaha Milik Negara dan Daerah (BUMN/D) Tahun 2017.

Rapat dipimpin oleh Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Papua dimana dalam arahannya menyampaikan bahwa tujuan pendirian BUMN/BUMD adalah dapat memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional/daerah khususnya pada sektor penerimaan daerah serta menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang/jasa yang bermutu tinggi dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak.

Dikatakannya bahwa fiskal atau keuangan di suatu daerah sangatlah dibutuhkan untuk mendanai semua yang direncanakan oleh pemerintah, sehingga penerimaan daerah memiliki peran yang sangat strategis.

Oleh karena itu, Jitmau mengharapkan agar dukungan dari BUMN/D, agar target pendapatan daerah Papua tahun 2017 dapat tercapainya.

“Dari sejumlah visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yang menjadi rengking pertama dari sisi capaian adalah peningkatan pendapatan daerah dimana gubernur berhasil menggenjot pendapatan daerah dan sangat signifikan,ā€¯ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jamkrida Papua, Desty Pongsikabe mengatakan bahwa perlu ditetapkan target pendapatan atas BUMN/BUMD sehingga dapat di breakdown oleh BUMD serta dibutuhkan inovasi-inovasi baru dalam penggalian sumber-sumber pendapatan daerah juga dibutuhkan keberpihakan pemerintah terhadap BUMN/BUMD, sehingga dapat menggenjot Pendapatan Asli Daerah dari Sektor BUMN/BUMD. (lam/rm)

LEAVE A REPLY