JAYAPURA – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM mengaku, noken merupakan simbol dari Papua untuk Indonesia dan salah satu kebanggaan masyarakat Papua. Sehingga harus terus menerus diperkenalkan kepada dunia.

“Saya senang menjadi orang yang selama ini menggerakan supaya semua menghargai noken, karena itu saya akan berikan noken dan syal motif Papua untuk semua peserta Raimuna Nasional,”ungkap Wagub Klemen.

Wagub Klemen Tinal mengatakan, noken merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Papua, untuk itu harus terus dikapitalisasi menjadi milik semua orang.

“Noken sebagai simbol perdamaian, kasih sayang, persatuan diantara sesama teman-teman lainnya. Maka kalian harus bangga menjadi anak-anak Papua,”terang Wagub Klemen.

Sebagai symbol Papua, Klemen Tinal membekali para pelopor perdamaian (Pramuka) yang akan berangkat mengikuti Raimuna Nasional XI 2017 di Jakarta, sebuah Noken dan syal batik Papua.

Pada kesempatan itu juga, Wagub Klemen Tinal berharap anak-anak Papua yang dipercayakan mengikuti Raimuna Nasional ketika kembali ke daerah masing-masing bisa membawa perubahan.

“Kami harapakan ketika pulang nanti ada nilai-nilai perubahan dalam diri, tetapi juga keluarga, lingkungan dimanapun kalian beraktivitas,”kata Klemen.

Dirinya mengaku sangat bangga ketika melihat anak-anak Papua dapat berkreativitas, berinovasi karena itu sejalan dengan visi dari Pemerintah Provinsi Papua yaitu Bangkit, Mandiri dan Sejahtera. Dimana mandiri artinya mampu berdiri di atas kaki sendiri tidak disuapi.

“Kalian adalah anak-anak yang luar biasa, untuk itu harus menjadi contoh didalam keluarga, lingkungan dan lain sebagainya. Hindari diri dari hal-hal yang tidak bermaanfaat, belajar untuk jadi pribadi yang manfaat bagi sendiri, sesama maupun semua orang,”tandasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY