JAYAPURA-Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat suku Korowai yang berdomisili di Kampung Afi Mabul/Kapayap III, Distrik Kolofbrasa, Kabupaten Asmat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Papua, dr. Aaron Rumainum mengatakan pelayanan kesehatan gratis di Kampung Afi Mabul dilakukan sejak Kamis (26/10/2017). “Kami melayani beberapa pelayanan kesehatan di kampung Afi Mabul/Kapayap III, seperti kita lihat pada papan nama kampung yang ada, Kampung Afi Mabul ini masuk Distrik Kalofbrasa, Kabupaten Asmat,” ujarnya via ponsel, Minggu (29/10/2017)

Menurut dia, masyarakat setempat mengatakan bahwa belum ada petugas puskesmas dari puskesmas Kolofbrasa yang datang ke kampung Afi Mabul untuk memberikan pelayanan kesehatan.”Mereka (masyarakat,red) mengatakan bahwa biasanya mereka biasa mendapatkan bantuan obat-obatan dari Pater Yan untuk pengobatan disini,” ujarnya.

Lanjut Aaron, ada sekitar 50 pasien yang dilayani disini, belum termasuk pemberian vitamin A dan 20 an anak untuk pemberian imunisasi, dan sekitar tiga ibu hamil yang dilayani. Dia mengatakan, kebanyakan masyarakat dikampung itu menderita penyakit sakit gigi, sakit kulit atau seperti kaskado, dan satu pasien kaki gajah, ada juga hernia reponibel.

“Kami juga meninggalkan obat untuk masyarakat disini sambil memberitahukan dosisnya dan obat ini untuk apa, dan cara penggunaannya bagimana seperti obat batuk, obat sakit gigi, obat kulit atau kaskado, obat betadine untuk luka dan juga kasa untuk membalut luka-luka yang baru,” ujarnya.

Sementara, kata dia, dugaan penyakit Noma yang diderita pasien anak yang bernama Putih Atil yang juga asalnya dari Kampung Afi Mabul yang kini dirawat di Rumah Sakit Dian Harapan Abepura, tidak ada.

“Penyakit Noma yang diduga diderita oleh Putih Atil kami sudah cek tapi tidak ada, kebanyakan anak-anak disini menderita cacingan tapi kami sudah memberikan obat cacing kepada anak-anak disni dan juga vitamin-vitamin utuk ibu hamil,”pungkasnya.(ama/jg)

 

LEAVE A REPLY