JAYAPURA-Sebanyak 300 atlet di Kota Jayapura mengikuti seleksi calon atlet proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 yang diselenggaran KONI Papua, di stadion Mandala Jayapura, Senin (6/11/2017) sore.

Dari pantauan di lapangan atlet-atlet dari cabang olahraga Atletik, Tinju, angkat besi, angkat berat, Binaraga, selam, Wushu, dayung, sepak bola, Tarung Derajat, karate, taekwondo, judo, silat seleksi umum yang dipantua langsung oleh tim Teknis KONI Papua yang dipimpin langsung oleh Carol Renwarin selaku ketua tim.

Carol Renwarin yang dikonfirmasi menjelaskan, seleksi akan berlangsung dua tahap yakni untuk Kota Jayapura pada Senin kemarin dan Kabupaten Jayapura akan dilaksanakan hari Jumat (10/11/2017) mendatang.

Seleksi yang berlangsung ini, katanya, difokuskan bagi mantan atlet PON Jawa Barat, atlet Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), Pekan Olahraga Mahasiswa (Pomnas) maupun atlet yang sudah mengikuti Kejurda maupun Kejurnas.

“Outputnya nanti mereka yang masih berpotensi akan kita koordinasi dengan Pengprov cabang olahraga masing-masing,” katanya.

Carol juga mengapresasi cabang olahraga yang dengan cepat respon dengan mengirim atletnya untuk mengikiti seleksi umum ini. “ini tes umum untuk melihat calon-calon atlet yang akan kita proyeksikan ke PON,” katanya.

Kedepan, katanya, Koni Papua akan kembali melakukan seleksi atlet berdasarkan wilayah adat. Seperti di Kabupaten Asmat, Mappi, Boven Digoel, seleksinya akan terpusat di Kabupaten Merauke.

“Untuk wilayah adat Saireri, Lapago dan Meepago akan kita putuskan tempat seleksinya, dan kita akan surati koni di masing-masing wilayah adatnya,” kata Carol.

Sementara atlet di Jayapura yang belum ikut seleksi, bisa bergabung dan mengikuti seleksi Jumat besok di Lapangan Bas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura.(lam/jg)

LEAVE A REPLY