JAYAPURA-Salah satu bukti keseriusan kepemimpinan Lukas Enembe,S.IP,MH dan Klemen Tinal,SE.MM, selama memimpin Papua adalah peningkatan Indeks Prestasi Papua (IPM) yang dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang meningkat sangat pesat selama lima tahun terakhir.

Hal ini diungkapkan  Sekertaris Dinas Pendidikan Papua Protasius Lobya kepada wartawan, belum lama ini di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Papua.“Pertumbuhan atau peningkatan PAUD di Papua sangat pesat, hal ini tidak lepas dari kebijakan gubernur dan wakil gubernur pada sektor pendidikan khususnya pendidikan usia dini,” terangnya, kepada wartawan di Jayapura, Sabtu (11/11/2017).

Dijelaskannya, rata-rata sekolah minggu pada setiap kampung di bumi cenderawasih kini sudah masuk dalam kategori PAUD.

“Sekolah minggu pun hampir setiap minggu terus bertambah dan berkembang, sehingga  perlu mendapat akreditasi, guna memastikan standar jaminan mutu yang diajarkan pada lembaga itu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan,” tandasnya.

Disinggung mengenai masih banyaknya PAUD yang belum terakreditasi atau belum mendapat pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional (BAN), pihaknya mengimbau pemerintah kabupaten dan kota untuk mampu mendorong lembaga PAUD di wilayahnya supaya mampu memenuhi standar akreditasi sebagaimana yang ditetapkan oleh BAN.

“Sebab kalau lembaga PAUD ini sudah diakreditasi, sudah pasti dapat perhatian baik dalam bentuk pendanaan serta pelatihan para tenaga pengajarnya, baik dari kabupaten, provinsi maupun pusat,” katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Anni Rumbiak mengapresiasi penyerahan penghargaan dan akreditasi terhadap lembaga PNF.

“Sebab akreditasi, merupakan penilaian kelayakan program dalam satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan serta bagian dari upaya penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan oleh pemerintah,” tambahnya.(ing/jg)

LEAVE A REPLY