JAYAPURA-Partai Hanura memastikan dukungannya mengusung Lukas Enembe sebagai calon Gubernur di Pilkada gubernur (Pilgub) Papua 2018. “DPP Partai Hanura sudah mengelurkan rekomendasi untuk Lukas Enembe kembali maju menjadi calon gubernur periode 2018-2023,” ujar Sekretaris DPD Hanura Papua Kenius Kogoya kepada wartawan di Jayapura, Kamis (16/11/2017).

Selain itu, Partai Hanura juga sudah mengeluarkan rekomendasi untuk calon kepala daerah beberapa kabupaten yakni kabupaten Mimika, Jayawijaya dan Puncak. “Sementara rekomendasi yang belum keluar hanya Kabupaten Biak Numfor,”katanya.

Menurut Kenius, Partai Hanura mendukung semua incumbent yang akan maju kembali pada Pilkada 2018 mendatang. “Hanya Biak yang kita belum keluarkan rekomendasi, karena partai Hanura masih melakukan survei ke lapangan dan melihat dinamika sebagai tolak ukur partai sebelum menentukan pilihan,”kata Kenius.

Pilihan mengusung Lukas Enembe sebagai calon gubernur, kata Kenius, karena pihaknya menilai Lukas Enembe memiliki kemampuan untuk melanjutkan kepemimpinan dua periode. “Kita harus mampu menempatkan calon kita ini untuk kedua kalinya sebagai gubernur,”imbuhnya.

Dari informasi yang diterima redaksi, Gubernur Papua Lukas Enembe, yang juga menjabat sebagai Ketua Partai Demokrat Papua dikabarkan sudah mendapatkan rekomendasi dari 10 partai politik pemilik kursi di DPR Papua untuk kembali maju sebagai calon gubernur Papua periode 2018-2023.

“Dapat dipastikan bahwa Lukas Enembe akan menjadi calon tunggal alias melawan kotak kosong saat pemilihan gubernur (Pilgub) Papua pada 2018. Ini dapat dipastikan jika menghitung jumlah kursi partai pengusung dan syarat minimal perolehan kursi untuk bisa mengusung calon di pilgub Papua. Kecuali ada calon independen,”kata Wakil Ketua Partai Demokrat Papua Demisioner, Carlous Bolly di Jayapura, belum lama ini.

Selain Demokrat, Lukas juga didukung PAN, NasDem, Golkar, Hanura, PKS, PKB, PPP. Seluruh partai tersebut telah memberikan dukungan lewat rekomendasinya kepada Lukas. Terpisah, Lukas mengatakan, akan kembali maju pilgub Papua bersama dengan Klemen Tinal. Saat ini, Klemen menjabat sebagai Wakil Gubernur Papua. Menurut Lukas, saat ini hanya PDIP yang belum memberikan dukungan. “Diharapkan PDIP bersedia bergabung dan bersama-sama mendukung pembangunan Papua,”pungkasnya.(lam/jg)

LEAVE A REPLY