JAYAPURA – Gubernur Papua melaunching program Bangun Generasi dan Keluarga Sejahterah (Bangga Papua) yang akan diselenggarakan pada tiga kabupaten yakni Kabupaten Paniai, Lany Jaya dan Kabupaten Asmat sebagai pilot project.

Launching program Bangga Papua tersebut dilakukan pada pameran pekan pembangunan Papua sekaligus peringatan hari Otonomi Khusus Papua di GOR Cenderawasih, Jayapura, Selasa (21/11/2017) yang ditandai dengan penandatangan program Bangga dengan tiga kabupaten dan pelepasan balon oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH disaksikan lembaga mitra dan kepala SKPD di lingkungan Pemprov Papua.

Gubernur dalam sambutannya mengungkapkan, program Bangga ini merupakan bagian dari program Gerbangmas Hasrat Papua. Namun program Bangga lebih fokus pada individu masyarakat yakni umur 4 tahun kebawa dan memiliki anggota keluarga berusia diatas 60 tahun.

“Program ini lebih menyentuh kehidupan individu dari masyarakat Papua, program Bangga Papua sudah dikemas dengan baik yang akan mulai dilakukan tahun 2018,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan program ini, kata Gubernur maka dilakukan kerjasama dengan lembaga mitra pemerintah yakni dari Keduataan Australia. Dimana tiga kabupaten yang menjadi pilot project tersebut akan mendapat suntikan dana dari pemerintah.

“Jika program ini berkembang atau mempunyai kemajuan yang baik akan dilanjutkan pada kabupaten lain,” jelasnya.

Ia menjelaskan, tujuan utama dari proram Bangga ini adalah dengan harapan beberapa tahun kedepan generasi muda Papua lebih cerdas.

“Pemerintah provinsi Papua telah merancang program ini untuk fokus pada generasi Papua diharapkan pada beberapa tahun akan datang akan menjadi penerus kita semua,” katanya.

Selain itu, ujar Lukas Enembe dengan adanya program ini kesejahteraan keluarga akan lebih meningkat. Sebab akan difokuskan pada umur lanjut usia yang merupakan orang tua kita, telah merawat dan mendidik kita.

“Jadi ketiga kabupaten tersebut yang mempunyai anak-anak dan orang tua semuanya akan kita berikan suntikan dana pada mereka, seluruhnya sehingga tahun akan datang kalau kemajuan kita capai bagus akan kasih kepada kabupaten lain,” kata Lukas Enembe.

Gubernur mengingatkan, untuk memwujudkan program tersebut tentunya membutuhkan dukungan dan kerja keras dari berbagai pihak, baik itu pemerintah provinsi, kabupaten maupun mitra pembangunan. Bahkan, sejumlah tantangan juga sudah berhasil teridentifikasikan. (ing/rm)

LEAVE A REPLY