JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua maupun kabupaten/kota untuk menyediakan stok daging pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, Drs. Elia I Loupatty, MM ketika membuka kegiatan Rapat Evaluasi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Se-Papua tahun 2017 di Hotel Aston Jayapura, Selasa (28/11/2017).

“Kami harapkan dari Peternakan harus dongkrak potensi daging jelang PON 2020, kita harus buktikan juga kepada Indonesia, bahwa kita mampu untuk menyediakan persediaan daging untuk penyelenggaraan PON 2020,”ungkapnya.

Hal ini, lanjutnya, harus menjadi catatan penting dalam pelaksanaan evaluasi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan se Papua tersenut.

”Harus punya konsep bagaimana kita tidak hanya jadi tuan rumah PON, tetapi kita bisa mencukupi kebutuhan daging, ini akan menjadi kebangaan bagi Papua, kalau teman-teman mampu mendorong hal ini dan berhasil pada PON 2020 nanti,”tuturnya.

Dengan kemampuan produksi yang baik, Elly memastikan akan menjadi sebuah kebanggaan jika Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH menyampaikan kepada Presiden RI, Joko Widodo bahwa Papua tidak hanya bisa mengelar PON, tetapi bisa menyiapkan segala kebutuhan termasuk stok daging untuk kebutuhan atlet pada PON 2020.

Pihaknya juga mengapresiasi rencana pembangunan laboratorium untuk pemeriksaan daging yang bakal dibangun di Jayapura, hal ini menunjukan keseriusan untuk memastikan bahwa setiap daging yang akan dikonsumsi itu aman. (ama/rm)

LEAVE A REPLY